Main Menu

Sekjen PKB Unggah Video Kampanye Editan, Ganjar: Kita Salaman Virtual

Mukhlison Sri Widodo
17-06-2018 13:52

Akun Twitter @Kadir_Karding. (Dok.Twitter/RT)

Semarang, Gatra.com - Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tak mempersoalkan video kampanye hasil suntingan yang diunggah Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding.

 

"Oh ya, kemarin saya baca di akunnya Mas Karding. Lalu saya sampaikan, wah, videonya bagus. Saya bilang gitu. Saya gak punya pikiran negatif waktu itu," kata Ganjar di rumah orang tuanya di Purworejo, Jumat (15/6), seperti dalam rilisnya.

Sebagai informasi, warganet sempat dihebohkan munculnya video Cak Lontong dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. 

Pada Rabu (13/6), Abdul Kadir Karding melalui akun Twitter @Kadir_Karding yang sudah terverifikasi, mengunggah video berdurasi 30 detik. 

Video ini berisi pernyataan komedian Cak Lontong yang mendukung pasangan calon gubernur nomor urut dua. 

Di ujung video, muncul suntingan narasi bahwa paslon nomor urut dua tersebut adalah paslon nomor dua untuk Pilgub Jateng, Sudirman Said dan Ida Fauziyah, yang turut diusung PKB dan menjadi kompetitor Ganjar.

Padahal, dalam video aslinya yang juga telah beredar di dunia maya, video Cak Lontong itu berisi dukungan untuk paslon nomor dua di Pilgub Jawa Timur, yakni Gus Ipul dan Puti. 

Alhasil, video suntingan itu pun menarik perhatian warganet.

Kurang dari 24 jam sejak mengunggah video itu, Abdul Kadir telah mencuit pengakuan salah dan permintaan maaf untuk Cak Lontong di akun @C_lontong.

Ganjar pun menganggap persoalan itu tidak perlu dibesar-besarkan karena pihak pengunggah sudah meminta maaf. 

Ganjar menyatakan sempat kaget saat warganet berkomentar negatif pada video tersebut. 

Ia mengaku baru mengetahui ada hal janggal soal video itu setelah membaca cuitan akun Cak Lontong.

”Saya kira setelah mas Karding minta maaf, cukuplah, rapopo (tidak apa-apa). Kita tinggal belajar bahwa kita dalam tradisi keilmuwan yang sangat ilmiah dan akademis itu, yang namanya mengutip itu, harus menyertakan sumbernya," katanya. 

Ganjar pun berharap kejadian serupa tak terulang. 

"Rapopo, momen lucu wae (saja). Ya apalagi momentum Lebaran juga. Mas Karding, Cak Lontong, salamannya virtual saja," kata dia.

Soal video saat Lebaran ini, Ganjar pun membuat beberapa video ucapan selamat Idulfitri. 

Salah satunya dipersembahkan untuk kompetitornya di Pilgub Jateng, Sudirman - Ida.

Ucapan itu direkam saat Ganjar menengok tol fungsional ruas Salatiga-Kartasura, Rabu (13/6), dan diunggah di sejumlah akun media sosial milik Ganjar saat malam takbiran.

”Pak Dirman, Mbak Ida, serta seluruh pendukungnya dan seluruh masyarakat Jawa Tengah. Saya, pasangan Ganjar-Yasin menyampaikan selamat hari raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Dia berharap silaturahmi antarpasangan cagub dan cawagub tetap terjaga. Menurut dia, suasana Pilkada di Jawa Tengah secara umum sudah baik dan kondusif. 

"Sekali lagi saya ingin memberi tontonan masyarakat bahwa pilkada di Jawa Tengah ini memang adem. Sesuai tagline, becik tur nyenengke (baik dan menyenangkan)," ujar Ganjar.

Petahana Gubernur Jateng ini berharap semua pihak turut menjaga suasana kondusif pilkada yang digelar pada 27 Juni ini, termasuk mengantisipasi kampanye hitam yang merugikan.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
17-06-2018 13:52