Main Menu

H+2 Belum Terlihat Arus Balik di Pulo Gebang

Cavin Rubenstein M.
17-06-2018 17:18

Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur belum merasakan keramaian arus balik, sampai dengan H+2 ini. ( ANTARA/Risky Andrianto/RT)

Jakarta, Gatra.com - Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur belum merasakan keramaian arus balik, sampai dengan H+2 ini. Diperkirakan, puncak arus balik baru akan terjadi pada H+4.

 

Menurut Kepala Terminal Pulo Gebang, Ismanto, para pemudik diperkirakan masih memanfaatkan waktu libur lebaran untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata di kampung halamannya masing-masing. "Maka sampai saat ini, belum kelihatan adanya arus balik," kata Ismanto, Minggu (17/6) siang, seperti dilansir oleh Antara.

Pada hari H Lebaran kemarin, Ismanto menjelaskan, jumlah penumpang yang mudik lewat Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, mencapai sebanyak 1.396 orang. Lebih lanjut, ia memperkirakan jumlah penumpang pada arus balik nanti akan lebih banyak ketimbang mudik. "Perkiraannya dua kali lebih banyak," kata Ismanto. Menurut data yang ia himpun, mayoritas pemudik yang menggunakan bis dari terminal Pulo Gebang, adalah penumpang dengan tujuan Jawa Barat.

Dari segi pengamanan selama mudik dan arus balik nanti, otoritas terminal Pulo Gebang menurunkan 165 petugas yang terdiri dari petugas Dinas Perhubungan internal terminal, TNI, Polri, hingga Satuan Polisi Pamong Praja. Mereka akan siaga selama 24 jam.

Pihak terminal juga melakukan sejumlah program pembangunan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di terminal tersebut, yakni pengembangan situs terminal yang memuat informasi fasilitas, trayek bus, informasi kedatangan dan keberangkatan, dan informasi daerah terminal.

"Ke depan, kami berupaya agar bisa terintegrasi dengan terminal-terminal bus lainnya yang ada di Jakarta," pungkasnya



Editor : Cavin R. Manuputty

 

Cavin Rubenstein M.
17-06-2018 17:18