Main Menu

Sebelum Bicara Pajak, Presiden Akan Bicara Seni di Bali

Ervan
23-06-2018 10:29

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Ngurah Rai Bali. (Dok. Biro Pers Setpres/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo akan menyosialisasikan revisi aturan mengenai Pajak Penghasilan (PPh) final 0,5 persen untuk sektor usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) di Denpasar, Bali, Sabtu (23/6) siang ini. Namun sebelum menyampaikan kebijakan fiskal tersebut, Jokowi meluangkan waktunya untuk dunia seni.

 

Menurut agenda yang dilansir biro pers Istana, Jokowi akan memberikan kuliah umum di kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar. Selain itu Presiden juga akan meninjau Pusat Kreativitas Mahasiswa dan Pusat Dokumentasi Seni. Setelah santap siang bersama, Presiden akan melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018. 

Seusai itu semua, barulah Presiden menyosialisasikan PPh final UMKM 0,5 persen. Saat meluncurkan PPh final UMKM 0,5 persen di Surabaya,Jumat (22/6) kemarin, Presiden menjelaskan bahwa penurunan tarif tersebut, selain karena adanya keluhan dari pelaku UMKM, juga dimaksudkan agar para pelaku usaha kecil dapat mengembangkan usahanya sehingga mampu berkembang menjadi usaha yang lebih besar lagi.

"Agar usaha mikro ini bisa tumbuh melompat menjadi usaha kecil. Usaha kecil juga bisa tumbuh melompat menjadi usaha menengah. Usaha menengah juga bisa melompat lagi menjadi usaha besar. Pemerintah menginginkan seperti itu," ucap Presiden di Surabaya. Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

 


Reporter: Ervan Bayu

Editor    : Cavin R. Manuputty

 

 

 

Ervan
23-06-2018 10:29