Main Menu

Apa Kata JK Soal MK Tolak Gugatan Masa Jabatan Wapres

Anthony Djafar
28-06-2018 16:33

 Wakil Presiden Jusuf Kalla (GATRA/Agriana Ali/yus4)

Jakarta, Gatra. Com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak mempersoalkan mengenai putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan masa jabatan Wapres. Karena memang sejak beberapa waktu lalu ketika ditanya, lebih memilih untuk istirahat setelah dua kali menjabat Wapres. Apalagi bukan pihaknya yang melakukan gugatan tersebut.


“Oh itu tidak ada soal. Sejak dulu Anda tanya, saya selalu bilang ingin istirahat. Bukan saya menggugat,” katanya saat ditanya awak media usai jadi pembicara di acara Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) Members di Ayana Midplaza Hotel, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (28/6).

Soal materi gugatan, Wapres mengatakan bahwa sebenarnya ditolaknya gugatan tersebut bukan karena posisi sebagai Wapres, tetapi mengenai substansi prosesnya.

“Yang ditolak bukan posisi Wakil Presiden, (tetapi) prosesnya. Jadi, legal standing yang diputuskan,” katanya.

Sikap pak JK bagaimana?

“Oh, bagi saya tidak soal lain. Kan, setiap Anda tanya sama saya, saya bilang saya mau istirahat. Bukan saya yang menggugat,” katanya.

Tidak akan berubah (sikap), tanya awak media.

“Ah, tidak,” kata Wapres.

Soal adanya keinginan sebagian kader Golkar yang ini mencalonkan lagi, Kalla menyebut bahwa itu soal lain.

“Itu soal lain. Tapi, saya ingin istirahat,” katanya.

Terkait namanya disebut-sebut berpotensi sebagai Calon Presiden (Capres) diusung oleh partai Demokrat, Wapres mengaku belum memikirkan soal itu.

“Ah, Capres… Yang Pertama butuh 20 persen (presidential threshold). Saya gak punya Partai. Sudah cukuplah, sekarang gilirannya yang muda muda saja,” katanya.

Mengenai anggapan bahwa Jusuf Kalla masih dibutuhkan oleh sebagian masyarakat saat ini, Wapres menilai bahwa itu tergantung proses pemilunya. “Dan itu sulit bagi saya,” katanya.

Editor: Anthony Djafar

 

Anthony Djafar
28-06-2018 16:33