Main Menu

Cawapres Jokowi Mengerucut Jadi Lima Opsi

Hendry Roris P. Sianturi
11-07-2018 18:12

Presiden RI Joko Widodo. (ANTARA/Puspa Perwitasari/RT)

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo membocorkan opsi calon wakil presidennya di Pilpres 2019. Meski saat ini, Jokowi masih sedang menggodok Cawapresnya.


"Yang namanya digodok itu pasti sudah mengerucut. Dari 10 mengerucut ke lima," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/7).

Jokowi mengatakan penggodokan melibatkan partai-partai pendukung pemerintah. "Penggodokan itupun kita harus berbicara dengan banyak partai. Yang telah memberikan dukungan pada kita," katanya.

Jokowi enggan memberitahu kriteria-kriteria Cawapres yang akan dipinangnya.

"Ini masih dalam proses penggodokan. Yang namanya digodok itu, pasti nunggu biar mateng. Kalau digodok belum mateng, kemudian dikeluarkan, itu menjadi setengah matang namanya," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berjanji akan segera mengumumkan Cawapresnya ke masyarakat.

Kapan waktunya? "Mbok sabar dulu. Kan tinggal paling seminggu, dua minggu, tiga minggu lagi. Kalau sudah mateng nanti kami sampaikan, pada saat yang tepat," ujarnya.

Jokowi mengatakan, lima pilihan Cawapres yang sedang digodok, ada yang berasal dari partai maupun non partai. "Bisa profesional, bisa sipil, bisa TNI, Polri," katanya.

Seperti diketahui, KPU menetapkan batas waktu pendaftaran adalah tanggal 10 Agustus 2018 pukul 24.00 WIB.

Ketika Presiden ditanya awak media tentang kemungkinan mendaftar di menit-menit akhir batas pendaftaran, lagi-lagi Jokowi menjawab diplomatis.

"Ini digodok, tunggu mateng dulu. Airnya masih harus panas dan mendidih biar mateng," ujar Jokowi tersenyum.

Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: Anthony Djafar

Hendry Roris P. Sianturi
11-07-2018 18:12