Main Menu

Bupati Temanggung Terpilih Tetap Akan Dilantik

Bernadetta Febriana
15-07-2018 14:20

Bupati Temanggung terpilih, M. Al Khadziq. (Ist/FT02)

Jakarta, gatra.com - Bupati Temanggung terpilih, M. Al Khadziq akan tetap dilantik meskipun yang bersangkutan kini berstatus saksi dan sedang diperiksa KPK dalam kasus korupsi yang menjerat istrinya, anggota DPR Fraksi Golkar, Eni Maulani Saragih.

Menurut Ketua KPU Propinsi Jawa Tengah Joko Purnomo, Al Khadziq tetap akan ditetapkan dan dilantik sebagai Bupati Temanggung terpilih. Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan pasal 164 UU No 10/2016 yang menyatakan bahwa kepala daerah yang terpilih yang ditetapkan menjadi tersangka, terdakwa atau terpidana pada saat pelantikan tetap akan dilantik menjadi bupati/walikota dan/atau wakil bupati/wakil walikota.

“Yang bersangkutan tetap akan dilantik, apalagi statusnya hanya sebagai saksi dalam kasus korupsi,” ujar Joko Purnomo seperti dilansir dari Antara.

Seperti diberitakan sebelumnya Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih terjaring OTT KPK pada Jumat (13/07) sore karena diduga menerima sejumlah uang terkait kerjasama pembangunan PLTU Riau.

Sementara itu suami Eni, Bupati Temanggung terpilih Al Khadziq sempat diamankan serta diperiksa penyidik KPK denganstatus sebagai saksi terkait perkara tersebut namun kini sudah diperbolehkan pulang.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
15-07-2018 14:20