Main Menu

Rekaman Perjalanan Demokrasi Indonesia Dalam Sebuah Buku

Bernadetta Febriana
15-07-2018 21:46

Peluncuran buku Saiful Mujani Research and Consulting (GATRA/Riana Astuti/re1)

Artikel Terkait

Jakarta, gatra.com - Saiful Mujani Research and Consulting meluncurkan dua buah buku yakni " Voting Behavior In Indonesia Since Democratization " dan " Piety and Public Opinion". Kedua buku ini mengupas Demokrasi Indonesia dan Islam di Indonesia.

Acara yang berlangsung di Perpustakaan Nasional RI di Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (15/7), dipandu oleh Najwa Shibab. Nana begitu sapaan Najwa Shihab mengemas diskusi layaknya sebuah program talkshow di TV. para penulis, peneliti, praktisi dan ahli yang hadir terhanyut dalam "talkshow" berdurasi 2,5 jam. 

Saiful Mujani, R. Williem Liddley, Tom Pepinsky, Fachry Aly, Azyumardi Azra, Hamdi Muluk sebagai pembicara saling berdiskusi mengupas isi buku bercover cokelat. Saiful Mujani mengatakan jika buku yang diterbitkan ini merupakan sebuah rekaman dari berdirinya sistem politik demokrasi Indonesia dengan memiliki pemilih yang memiliki komitmen terhadap demokrasi. Dalam buku ini pun mengulas fenomena-fenomena politik yang terjadi saat ini.

" Fenomena yang lebih jelas itu seperti pada tahun 2014. Seorang Jokowi terpilih menjadi presiden. Dan siapapun lawannya ya harus menerima, " papar Saiful.

Untuk kedepannya, Saiful masih optimis politik tanah air masih memiliki tren yang sama. Banyak parpol yang berbondong-bondong mendekat kepada Joko Widodo untuk menjadi koalisi. Sedangkan kekuatan lawannya yakni Prabowo Subianto nantinya akan didekati oleh partai-partai untuk dijadikan alternatif pilihan. 

"Artinya apa rakyat memiliki kekuatan. Tergantung bagaimana elite politik tersebut mau mendengarnya atau tidak. Untuk isu politik identitas menurut saya tidak akan berkembang," katanya.

Proses pembuatan kedua buku ini terbilang memakan waktu lama, kurang lebih 20 tahun. Buku ini pun menggunakan pendekatan secara antropologi. Satu buah buku yang berjudul " Voting Behavior In Indonesia Since Democratization " dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta sedangkan buku berjudul "Piety and Public Opinion" dikenakan harga Rp 1 juta. 

"Buku ini mahal sebab dicetak di luar negeri, hard cover dan proses pembuatan bukunya pun terbilang lama," ujar Saiful Mujani.


Reporter : RAS

Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
15-07-2018 21:46