Main Menu

Kunjungi Indonesia Pertama Kali, Menlu Malaysia Bahas Isu TKI

Muchammad Egi Fadliansyah
18-07-2018 15:19

Ilustrasi - Kerjasama Indonesia - Malaysia. (Shutterstock/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, gatra.com - Politisi Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah, dijadwalkan akan melakukan kunjungan bilateral pertamanya sebagai Menteri Luar Negeri Malaysia ke Indonesia, Senin (23/07) pekan depan. Berbagai isu seperti tenaga kerja dan juga perbatasan akan dibahas bersama Menlu Retno Marsudi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Arrmanatha Nasir mengatakan Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Menlu Malaysia itu sejak dilantik beberapa hari lalu.

"Ini kunjungan pertama Menlu Malaysia keluar negeri. Ibu Menlu juga merupakan Menlu ASEAN pertama yang mengucapkan selamat kepada Menlu Malaysia pasca pelantikannya," katanya kepada wartawan di Ruang Palapa, Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (18/07).

Sementara di tempat yang sama, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Denny Abdi menyatakan, terkait pertemuan antara Menlu Indonesia dan Menlu Malaysia semua isu akan dibahas. Terlebih, ia menilai di antara Indonesia dan Malaysia tidak ada isu yang sensitif yang tidak bisa dibahas. "Kita ini memiliki hubungan bilateral yang kuat dengan semua negara Asean, apalagi Malaysia," ujarnya.

Selanjutnya, kata Denny, isu tenaga kerja juga akan dibahas oleh kedua negara serumpun tersebut. Apalagi, menurutnya, terkait isu tenaga kerja merupakan agenda utama Indonesia dalam berdimplomasi dengan Malaysia.

Isu tenaga kerja pula, yang menjadi salah satu fokus bahasan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Mahatir Mohamad ketika bertemu di Istana Bogor beberapa pekan lalu. Sehingga, pertemuan antara kedua Menlu Senin pekan depan akan menindaklanjuti isu terkait masalah tenaga kerja menjadi lebih teknis.

"Ini kita akan follow up lagi, menjadi bagian terpisah dari pertemuan nanti. Karena hubungan dengan Malaysia, masalah tenaga kerja menjadi prioritas kita," ia menjelaskan.

Khusus hubungan bilateral dengan Malaysia, lanjutnya, Indonesia dan Malaysia memiliki yang namanya forum Annual Consultation Leaders, yang diadakan setahun sekali. "Jadi forum reguler, jadi jika forum ini mau ketemu. Tentunya semua isu harus kita laporkan. Legal gimana, masalah perbatasan, masalah ekonomi gimana. Pokoknya semua pasti dilaporkan," kata Denny lagi.


Reporter : MEF

Editor : Bernadetta Febriana

Muchammad Egi Fadliansyah
18-07-2018 15:19