Main Menu

Polri Tebar Pesan Sejuk Lewat Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Andhika Dinata
18-07-2018 20:39

Kadiv Humas Polri bersama Sponsor Kegiatan Anugerah Jurnalistik Polri 2018 (Dok. Humas Polri/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kepolisian Republik Indonesia mengadakan perlombaan Anugerah Jurnalistik Polri 2018. Perlombaan tersebut mengangkat tema besar “Bersama Polri Wujudkan Pilkada Damai 2018”.

 

Materi yang dilombakan antara lain: karya jurnalistik, foto dan komik. Kontestasi tersebut dibuka mulai 23 Maret hingga 1 Juli 2018 lalu. Tujuan yang ingin disasar dari perlombaan ini yaitu menggandeng media massa untuk menyampaikan pesan-pesan sejuk kepada publik melalui pemberitaan Pilkada Damai.

Untuk kategori lomba jurnalistik, diusung empat (4) sub tema yakni: Kampanye Cerdas Anti SARA dan Anti Hoax, Mari Berpesta Demokrasi dan Menjaga NKRI, Berpolitik Cerdas Tanpa Politik Uang, dan Menyambut Demokrasi yang Jujur.

Memanasnya suhu politik di tahun-tahun politik membuat Polri harus membuat terobosan dan langkah strategis pengelolaan narasi publik yang berfungsi sebagai cooling system. Pesta demokrasi beruntun mulai dari Pilkada Serentak 2018 hingga Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 dengan aneka persoalannya menjadi tantangan bagi Pemerintah dan kepolisian secara khusus untuk tetap menjaga kondusifitas dan keamanan.

Perlombaan tersebut diikuti oleh 164 orang untuk kategori lomba jurnalistik, 210 orang untuk kategori lomba foto, dan 267 orang untuk kategori lomba komik. Peserta perlombaan terdiri dari kalangan jurnalis/profesional, TNI/Polri, siswa/mahasiswa dan kategori umum.

Anugerah dan pemenang lomba tersebut diumumkan Rabu (18/7) di Kawasan Mall Gandaria City, Jakarta Selatan. Anugerah tersebut langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian didampingi oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto.

Kapolri menjelaskan perlombaan ini digelar dalam rangka memberikan apresiasi kepada insan pers dan masyarakat yang selama ini menjadi mitra kerjasama yang selalu mendukung kinerja Polri secara positif. Penilaian dari perlombaan didatangkan dari para profesional dan praktisi media semisal Ketua Dewan Pers Yosep Stanley, Ketua KPI Yuliandre Darwis, Kartunis Mice Cartoon, Wartawan senior Putra Nabanan dan lain-lain.

Acara tersebut disponsori oleh BRI, Pertamina, Gandaria City dan Mabes Polri selaku penyelenggara. Para pemenang lomba akan memboyong hadiah sejumlah uang tunai, trophy, piagam serta hadiah utama berkesempatan mendampingi kegiatan Kapolri ke luar negeri.

“Polri menyampaikan apresiasi yang luar biasa karena para jurnalis turut berkontribusi dalam mewujudkan Pilkada Damai 2018 serta membantu Polri menciptakan situasi yang aman dan tertib di masyarakat,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto.**

 

Reporter : Andhika Dinata

Editor: G.A. Guritno

 

Andhika Dinata
18-07-2018 20:39