Main Menu

Bertemu Kader di Hambalang, Prabowo Belum Menentukan Kepastian Koalisi

Wem Fernandez
25-07-2018 17:42

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (GATRA/Adi Wijaya/RT)

 

 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan kader partainya dalam rapat koordinasi teknis (Rakornis) di Hambalang, Rabu, (25/7), hari ini. Rakornis yang digelar tertutup ini dilakukan setelah Selasa, (24/7) sebelumnya, ia bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

 


Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan saat dikonfirmasi menyebutkan, setidaknya ada tiga agenda dalam rakornis tersebut. Pertama, pengarahan langsung Prabowo kepada kader terkait kondisi terakhir kebangsaan, kedua masalah ketatanegaraan, dan terakhir soal konsolidasi kader menghadapi pemilihan umum (Pemilu), 2019 mendatang.  

 


Bagaimana dengan rencana koalisi dengan Partai Demokrat? 

 


“Memang sudah dibicarakan, tapi kan sebatas menjajaki saja karena sifatnya masih cair. Jadi belum bisa diputuskan karena komunikasinya harus dibangun secara intensif. Intensif kan baru ketahuan ke arah mana, intinya sih belum, masih cair,” kata Heri, Rabu petang. 

 


Dia menambahkan, masih banyak waktu yang tersisa sebelum batas akhir pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lagipula, saat ini ketentuan mengenai 20% ambang batas presidential threshold tengah digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). 

 


“Ya mudah-mudahan aja 0%, kalau 0% kan semakin banyak yang mencalonkan. Seperti itu,” singkat dia. 

 


Heri menyebutkan, rekomendasi nama calon wakil presiden juga tidak secara spesifik dibahas dalam rakornis, apalagi langsung menyebutkan nama calon. Komunikasi dengan partai kosalisi masih perlu dibangun oleh Gerindra. 

 


“Belum, masih cair. Ada beberapa pendekatan tapi kan belum karena bagaimanapun juga kita nggak bisa sendiri jadi harus di komunikasikan intensif, tidak sim salabim,” kata dia. 

 



Reporter : Wem Fernandez  

Editor      : Cavin R. Manuputty

Wem Fernandez
25-07-2018 17:42