Main Menu

Wapres: Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Jaga Perdamaian

Anthony Djafar
26-07-2018 06:00

Wapres Jusuf Kalla saat peresmian auditorium Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Kampus Putri 6 Ittihadul Ummah di Poso, Sulteng. (Dok.Setwapres/FT02)

Poso, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyebut bahwa pondok pesantren Gontor yang didirikan di Poso ini bertujuan selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat di Poso juga dimaksudkan untuk mengajarkan pemahaman Islam jalan tengah (Wasatiyah).


“Karena tentulah modern itu apabila kita berada di jalan tengah. dan juga tentu memiliki pengetahuan yang baik, bekal ke depan untuk generasi muda kita," kata Wapres saat meresmikan Auditorium dan menutup peringatan 10 tahun Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Kampus Putri 6 Ittihadul Ummah di Poso, Rabu, (25/7).

Wapres menjelaskan bahwa Pondok ini didirikan setelah terjadi konflik besar, dengan adanya musibah yang besar di daerah Poso ini. Sehingga berharap generasi muda dapat mengambil hikmahnya sehingga lebih memahami Islam itu sebagai Rahmatan Lil alamin (membawa berkah bagi dunia).

"Memahami Islam itu. Islam agama yang damai, yang saling bersaudara, bersahabat dan kita memberikan makna yang besar untuk kemajuan kita bersama," katanya.

Wapres juga menyampaikan pesan kepada para santri untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan terus menjaga keberagaman ini dengan kehidupan yang damai.

"Anak-anaku sekalian para santriawan dan santriwati di sini menyerap ilmu tentu banyak datang berbeda-beda daerah, itu sangat memberikan kita kenyamanan sebagai hidup bersama dalam kampus yang baik ini," katanya.

Wapres menuturkan bahwa pengetahuan yang didapat dari pendidikan adalah kunci kemajuan. Karena itulah pendidikan harus selalu diupayakan agar membawa manfaat untuk kemajuan, kualitas kehidupan manusia kedepannya.

"Suatu negara atau daerah yang ingin maju, selalu harus ada pengetahuan dari warganya" katanya.

Wapres juga menyoroti keberagaman masyarakat Poso yang mencerminkan keberagaman Indonesia.

Menurutnya, apabila keberagaman yang dimiliki masyarakat Poso ini dapat bersatu dan damai, maka akan membawa kemajuan.

"Dengan gabungan perbedaan, akan muncul Indonesia yang maju yang kita harapkan," ujarnya.

Kunjungan ke Pondok Pesantren Moderen Darussalam Gontor Kampus 13 ini, merupakan rangkaian kunjungan kerja sehari di Poso dan Tentena, Sulawesi Tengah.

Hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres bidang Ekonomi dan Keuangan, Wijayanto dan anggota Tim Ahli Wapres, M. Ikhsan.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
26-07-2018 06:00