Main Menu

Wapres Harapkan Pendeta Berperan Dorong Ekonomi Umat

Anthony Djafar
26-07-2018 06:11

Wapres Jusuf Kalla saat menghadiri acara Konven Pendeta Gereja Kristen Se-Sulawesi Tengah. (Dok.Setwapres/FT02)

Tentena, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengharapkan agar pendeta turut serta menjadi pendorong kemajuan ekonomi umat.


Pernyataan itu disampaikan Wapres saat menghadiri acara Konven Pendeta Gereja Kristen Se-Sulawesi Tengah di Gedung Banua Mpogombo, Gereja Kristen Sulawesi Tengah, Jl. Setia Budi 93, Tentena, Rabu, (25/7).

“Karena itulah maka para pendeta juga harus menjadi pendorong pertaniannya maju, juga tentu upaya-upaya ekonomi lainnya juga maju, kerajinan, industri dan sebagainya,” katanya.

Wapres menuturkan, meskipun kehidupan keagamaan di Poso sudah maju, namun kondisi ini masih perlu didorong agar ada kemajuan dalam bidang ekonomi. Sedangkan kemajuan tersebut, terang Wapres, akan dicapai antara lain dengan pendidikan.

"Hanya dengan pendidikan, suatu bangsa, bangsa apapun bisa maju,” katanya.

Wapres menambahkan bahwa pendeta selain berperan meningkatkan keimanan, juga memiliki tanggungjawab untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakatnya.

"Tanpa kemajuan ekonomi, maka masyarakat akan stagnan," ujarnya.

Menurut Wapres, dalam upaya itu, para pendeta dihadapkan sejumlah tantangan antara lain perkembangan teknologi, serta munculnya radikalisme. Radikalisme dapat muncul karena adanya ketidakadilan dan kemiskinan.

"Pendeta harus mengambil peran dan memberikan arahan yang dapat mencegah munculnya hal ini," katanya.

Wapres menyebut bahwa daerah Tentena terkenal dengan pendidikan sejak lama. Di kenal sebagai daerah yang maju pendidikan, keberagaman dan juga harmoni masyarakatnya. Semua guru-guru belajar di sini, kemudian tersebar ke seluruh Sulawesi ini.

“Karena itulah, saya secara pribadi juga mendukung pendidikan di daerah ini, supaya Tentena kembali menjadi suatu daerah yang maju dalam pendidikan,” katanya.

Usai memberikan sambutan pada Konven Pendeta GKST tersebut, Wapres melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Umum Sinar Kasih GKST Tentena.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
26-07-2018 06:11