Main Menu

Aparat Siap Bantu Bersihkan Puing Reruntuhan Gempa Lombok

Birny Birdieni
31-07-2018 19:03

Anggota TNI membersihkan puing bangunan pascgempa bumi di Lombok Timur, NTB (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/afn)

Mataram, Gatra.com- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengungkapkan kesiapan TNI, Polri maupun IPDN dan instansi terkait untuk membatu membersihkan puing-puing reruntuhan akibat korban gempa bumi di Lombok pada Minggu (29/7). Hal tersebut akan dilakukan secepatnya, karena pemerintah pun sudah mengalokasikan dana untuk membantu korban.

 

"Besarannya nanti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan menentukan," ungkap Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto di Sembalun, Lombok Timur, Selasa (31/7).

Menurutnya, saat ini anggota sedang mendata tingkat kerusakan tiap-tiap rumah. Sebab nanti jumlah besaran bantuan akan berbeda-beda sesuai arahan Presiden saat kunjungannya Senin (30/7) lalu.

Dikatakan Pangdam IX/Udayana bahwa pihaknya hanya membantu membersihkan puing-puing yang runtuh. Ia menegaskan bukan sebagai pihak yang membangun karena pemerintah akan memberikan anggaran dan masyarakat sendiri yang membangun.

"Untuk itu prajurit TNI akan standby sampai dinyatakan selesai dengan mendirikan dapur lapangan tenaga evakuasi dan tenaga kesehatan," ungkap Pangdam IX/Udayana.

Bahkan menurutnya, Panglima TNI sudah menyiapkan tenaga cadangan Pasukan Khusus di Bandara Internasional Lombok (BIL) bila evakuasi sulit dilakukan. "Namun evakuasi sudah terjawab semua oleh satuan dan perangkat daerah", ungkapnya.


Reporter: Hernawardi

Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
31-07-2018 19:03