Main Menu

Ini Alasan Kenapa Jokowi Belum Umumkan Nama Cawapres

Wem Fernandez
04-08-2018 15:30

Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah membuka pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden. (Dok.KPU/RT)

 

 

- Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi membuka pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Sabtu, (4/8), hari ini hingga Jumat, (10/8), mendatang.


Namun hingga kini masing-masing figur yang diprediksi maju di Pilpres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto belum juga mengumumkan siapa Cawapres alias ‘pengantin’ mereka. 

Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan, nama bakal Cawapres Jokowi sebenarnya sudah ada. Tetapi ada dua alasan yang mengharuskan Jokowi belum mengumumkan secara resmi. 

“Pertama, ya memang secara startegi politik enggak ada urgensinya juga disampaikan sekarang,” kata Arsul saat dihubungi, Sabtu, (4/8). 

Alasan kedua, lanjut anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ini adalah sikap hati-hati Jokowi mengamati konfigurasi yang terjadi. Kemungkinan negatif  ada kekuatan baru yang nanti membentuk poros ketiga di luar barisan koalisi yang tampak saat ini, atau ada yang bergabung ke pendukung Jokowi. 

“PPP kan memberikan masukan kepada Pak Jokowi untuk mengantisipasi segala kemungkinan, baik ada yang baru masuk ke koalisi atau kalau ada yang tiba-tiba keluar,” katanya. 

Arsul membantah jika pernyataan ini menunjukan tidak solidnya enam parpol yang mendukung Jokowi. Hanya saja dalam politik, wajar jika mengantisipasi segala kemungkinan buruk. 

“Kami tetap solid. Hanya dalam politik kan semua kemungkinan perlu diantisipasi,” katanya. 


Reporter : Wem Fernandez  

Editor: Anthony Djafar

Wem Fernandez
04-08-2018 15:30