Main Menu

70 Tahun Hubungan Bilateral Dengan AS, Indonesia Tuntut Kesetaraan

Bernadetta Febriana
04-08-2018 20:17

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Richard Pompeo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/yus4)

Jakarta, gatra.com - Menteri Luar Megeri Amerika Serikat Mike Pompeo melakukan kunjungan ke Indonesia dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (04/08) malam di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta. Dalam pertemuan yang berlangsung selama 30 menit tersebut, selain isu Palestina juga dibahas mengenai hubungan kedua negara dan juga isu regional lainnya.

Retno menyatakan bahwa tahun depan genap 70 tahun hubungan Indonesia dan Amerika Serikat. “Saya menyampaikan tema 70 tahun hubungan tersebut adalah celebrate our diversity, prosper together as strategic partner,” katanya.

Kemitraan strategis Indonesia dan AS yang ditetapkan sejak 2015, lanjut Retno, adalah sebuah kemitraan yang mencoba mengembangkan sebuah hubungan yang saling menghormati n menguntungkan tidak saja bermanfaat bagi kedua negara tapi juga menguntungkan bagi kawasan regional dan dunia.

Indonesia dan AS adalah dua negara mitra yang saling menghormati kemajemukan n toleransi. “Sebagai negara penduduk Muslim terbesar, negara demokrasi terbesar ketiga dan salah satu dari negara G20, tentunya Indonesi punya peran startegis dalamkerjasama global dan hubungan dengan AS,” katanya.

Bagi Indonesia, Amerika Serikat adalah mitra dagang ke-4 terbesar dan mitra investasi ke-6 terbesar Indonesia. “Maka saya sampaikan kepada Menlu Pompeo bahwa Indonesia ingin mengembangkan hubungan yang saling menghormati, menguntungkan dan yang penting, equal,” kata Retno dalam pernyataan pers seusai pertemuan dengan mantan Direktur CIA tersebut.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
04-08-2018 20:17