Main Menu

Calon Jemaah Haji Salat Gaib Doakan Korban Gempa

Mukhlison Sri Widodo
06-08-2018 20:52

Ilustrasi.(ANTARAnews/re1)

Surabaya, Gatra.com - Ratusan jemaah calon haji Embarkasi Surabaya menggelar salat gaib untuk korban bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, di Masjid Asrama Haji Surabaya, Senin (6/8).

 

Salat gaib dilaksanakan usai salat duhur. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Barozi, bertindak sebagai imam. Usai salat gaib dilanjutkan dengan doa bersama.

Jemaah yang menggelar salat gaib tergabung dalam tiga kelompok terbang, yakni Kloter 59, 60 dan 61 asal Kabupaten Nganjuk, Surabaya dan Provinsi Bali.

"Salat gaib ini juga bagian dari imbauan dari Pak Menteri Agama bahwa calon jemaah haji di masing-masing embarkasi agar melaksanakan salat gaib," kata Barozi. 

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengeluarkan imbauan dan ajakan kepada seluruh umat Islam agar melaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk korban bencana Lombok.

"Khusus kepada umat Islam, mari kita lakukan Salat Gaib untuk para korban wafat," katanya dalam keterangan tertulisnya. 

Lukman juga mengimbau jemaah haji yang telah berada di Tanah Suci agar mendoakan keselamatan bangsa Indonesia, terutama bagi warta NTB dan Bali. 

"Saya mengajak jemaah haji Indonesia yang kini berada di Tanah Suci untuk ikut mendoakan keselamatan bangsa,  khususnya masyarakat NTB dan Bali yang tengah ditimpa musibah akibat gempa," ujarnya. 

Gempa 7 skala richter mengguncang Lombak, NTB, pada Minggu (5/8) kemarin. Gempa tersebut menyebabkan hampir seratus korban meninggal dunia dan ribuan bangunan rusak parah.

Tidak hanya di NTB, dampak gempa juga dirasakan provinsi tetangga terdekat, Bali. Setidaknya dua orang meninggal dunia dan banyak bangunan rusak di Pulau Dewata.


Reporter : Abdul Hady JM
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
06-08-2018 20:52