Main Menu

Pengamat : AHY, Muda dan Logistik Pilpres Terjamin

Abdul Rozak
08-08-2018 17:45

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lebih berpeluang menjadi calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto dibanding Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri pada pilpres 2019.

 

Menurut Syamsuddin, AHY memiliki banyak nilai plus yang bisa melengkapi kekurangan Prabowo. Pertama, AHY memiliki elektabilitas tinggi. Kemudian yang kedua adalah pemilih AHY berasal dari generasi milenial dan pemilih muda. "Ketiga mungkin segi usia. Konsekuensi logis dari Prabowo udah sudah tua, AHY masih muda. Kalau dengan Salim Segaf kan sama-sama tua," kata Syamsuddin kepada wartawan di Jakarta, Rabu (8/7).

 

Logistik yang dimiliki AHY untuk pilpres 2019 lebih besar dibandingkan Salim Segaf. Syamsuddin menduga jika Prabowo memilih AHY, Partai Demokrat akan mem-back up penuh logistik untuk pilpres 2019. "Saya yakin, bahwa berkoalisi dengan Demokrat, Prabowo mendapat jaminan dukungan logistik itu asalkan AHY sebagai cawapres," tutup Syamsuddin.

 

Sebekumnya diberitakan bahwa PKS merekomendasikan Salim Segaf sebagai cawapres untuk Prabowo Subianto di pilpres 2019. Selain didukung partai, Salim dapat rekomendasi Forum Ijtima Ulama yang digelar belum lama ini. Sementara itu, AHY terus didorong untuk maju di pilpres 2019.

 

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Syarief Hasan banyak kader partai ingin menjodohkan AHY dengan Prabowo. "Iya, (AHY jadi cawapres) itu keinginan besar semua kader Demokrat. Nanti akan dibahas," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan belum lama ini.


 

Reporter : Abdul Rozak

Editor      : Cavin R. Manuputty

Abdul Rozak
08-08-2018 17:45