Main Menu

PMI Bantul Kirim Tim ke Lombok

Mukhlison Sri Widodo
09-08-2018 23:25

Relawan dari PMI Bantul (GATRA/Arif Koes Hernawan/yus4)

Yogyakarta, Gatra.com - PMI Bantul mengirim 14 relawan untuk membantu korban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

 

Tim ini berangkat mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta bersama divisi mobile untuk menjangkau daerah terisolasi.

Ketua PMI Bantul Wirmon Samawi menyatakan 14 relawan akan bertugas selama 14 hari di Posko PMI Pusat. Selain relawan, dikirim pula dua ambulans, dua mobil lapangan, dan satu motor.

“Para relawan yang kami pilih ini selain petugas medis juga relawan vertical rescue yang memiliki kemampuan menjangkau ruang sempit untuk menolong korban,” kata Wirmon, Kamis (9/8).

Tim ini berangkat menempuh jalan darat dan dijadwalkan tiba di Lombok pada Minggu (12/8) untuk langsung bertugas esok harinya. Relawan PMI Bantul akan membantu korban di kawasan Lombok utara yang masih terisolasi.

Wirmon mengatakan pengiriman bantuan dan relawan ini menjadi kewajiban PMI Bantul mengingat Bantul mengalami musibah yang sama 12 tahun lalu.

“Mewakili DI Yogyakarta, para relawan kami minta bekerja keras dalam membantu menangani korban, berkoordinasi dengan pihak terkait di sana,” katanya.

Terkait gempa Lombok, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada Kamis (9/8), menarik tim KKN Generasi Indonesia Mengabdi yang ditempatkan di Selong, Lombok Timur, dan telah bertugas selama sebulan. Pihak kampus mengganti mereka dengan tim relawan.

“Keputusan menarik dan mengganti tim KKN  dengan tim relawan karena memang tim KKN bukan disiapkan untuk recovery jika terjadi bencana di lokasi KKN,” kata Rektor UMY Gunawan Budiyanto.

Gunawan mengatakan pihak kampus menarik tim KKN karena kondisi fisik mahasiswa yang sudah lelah membantu korban gempa.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
09-08-2018 23:25