Main Menu

Peninjauan Presiden ke Lombok, Instruksikan Perbaiki RSUD, Pasar Tanjung, dan Masjid

Annisa Setya Hutami
14-08-2018 15:27

Presiden Joko Widodo meninjau korban gempa Lombok. (ANTARA/Ahmad Subaidi/FT02)

Lombok, Gatra.com - Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah tempat yang terkena dampak parah akibat gempa bumi, diantaranya RSUD Tanjung yang berada di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Selasa (14/8). 

 

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Willem Rampangilei, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Maji.

Setelah dari RSUD Tanjung, rombongan menuju halaman Polsek Pemenang, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Sesampainya di Pasar Tanjung, terlihat bangunan pasar yang rusak terkena gempa. Kemudian ia menginstruksikan kepada Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono segera dilakukan perbaikan.

"Kami akan mulai perbaikan minggu ini,” jawab Basuki melalui rilis yang diterima Gatra.com.

Perjalanan berlanjut menuju rumah Lalu Muhammad Zohri. Saat disambangi oleh Presiden, renovasi rumah Zohri masih dalam tahap pengerjaan. Rumah tersebut tidak mengalami kerusakan meski berada di wilayah yang mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8).

Dari rumah Zohri, Kepala Negara dan rombongan berjalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter untuk meninjau sebuah masjid yang roboh setelah gempa yang terjadi. Presiden kemudian langsung memerintahkan Menteri PUPR untuk segera membangun kembali masjid tersebut. Sebagai langkah awal, Menteri PUPR langsung berkoordinasi dengan satgas di lokasi untuk membersihkan puing-puing bangunan yang roboh.

Reporter: Annisa Setya Hutami 

Editor: G.A. Guritno

Annisa Setya Hutami
14-08-2018 15:27