Main Menu

Anies: Wakil Gubernur dari PKS

Abdul Rozak
16-08-2018 19:47

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (GATRA/Ardi Widi Yansah/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kursi Wakil Gubernur DKI yang kosong ditinggalkan Sandiaga Uno membuat hubungan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) renggang. Partai pengusung Anies Baswedan-Sandi pada Pilkada DKI 2017 ini mengklaim yang paling berhak atas kursi DKI-2.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan PKS dan Gerindra memiliki perjanjian politik soal posisi wakil gubernur. Atas dasar itu, wakil gubernur merupakan hak penuh PKS.

"Partai pngusung ada dua, Gerindra dan PKS. Setahu saya sudah ada kesepakatan antara Gerindra dan PKS, yang mengusulkan nanti adalah PKS," kata Anies kepada awak media di Jakarta, Kamis (16/8).

Beberapa nama kader PKS santer diberitakan menjadi kandidat calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Antara lain mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan eks Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi dari PKS Mardani Ali Sera.

Di sisi lain, Partai Gerindra juga ingin kadernya menduduki posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gerindra menjagokan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Mohammad Taufik.

"Belum ada (nama yang diusulkan partai pengusung). Kita lihat saja nanti. Sejauh ini masih menunggu keputusan penetapan dari presiden dan juga dari DPRD," tutup Anies.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
16-08-2018 19:47