Main Menu

Kabareskrim Komjen Ari Dono akan Dilantik sebagai Wakapolri

Anthony Djafar
17-08-2018 07:40

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. (GATRA/Adi Wijaya/RT)

Jakarta, Gatra.com – Spekulasi siapa pengganti Wakapolri yang ditinggalkan Komjen Syafruddin pasca ditunjuknya menjabat sebagai MenPAN-RB menggantikan Asmar Abnur, terjawab sudah.


Nama Komjen Ari Dono Sukmanto yang selama ini menjabat Kabareskrim ditunjuk menggantikan Komjen (Purn) Syafruddin yang memilih pensiun dini.

Rencananya, Komjen Ari Dono akan dilantik sekitar pukul 14.00 WIB, di ruang Rupatama Mabes Polri, hari ini, Jumat (17/8).

“Rencananya akan digelar Sertijab hari ini. Pak Ari Dono,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto.

Sebelumnya beredar spekulasi nama Kapolda Metro Irjen Idham Aziz menguat menggantikan Komjen Syafruddin. Namun dibantah oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, karena kursi pengganti Syafruddin sebagai Wakapolri harus lebih dulu di konsultasikan dengan Presiden Joko Widodo.

"Itu hak prerogatif Presiden, harus atas persetujuan Pak Presiden soal jabatan Wakapolri," kata Tito, di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu lalu.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan bahwa selain selain nama Ari Dono, setidaknya ada tujuh jenderal bintang tiga (Komjen) berpeluang menjabat Wapolri diantaranya Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, Kabaharkam Polri Komjen Moehgiyarto, Komjen M Iriawan yang saat ini menjabat Plt Gubernur Jawa Barat, Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayuseno, Kalemdikpol Komjen Unggung Cahyono dan Kabaintelkam Polri Lutfi Lubihanto.

Nah, jika Idham yang masih dua bintang diangkat sebagai Wakapolri, maka akan terjadi resistensi di internal tubuh Polri.

“Di atas Idham masih banyak jenderal bintang tiga yang lebih senior. Selama ini pengangkatan orang nomor dua di Polri itu selalu diambil dari bintang tiga senior dan tidak pernah, tidak urut kacang atau melompat dari bintang dua," kata Neta.

Editor: Anthony Djafar

 

Anthony Djafar
17-08-2018 07:40