Main Menu

Ini Alasan Jokowi Kenakan Pakaian Adat Aceh di Upacara HUT RI

Hendry Roris P. Sianturi
17-08-2018 10:12

Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Aceh. (Dok.Biro Pres/RT)

Jakarta, gatra.com - Presiden RI, Joko Widodo mengenakan baju adat Aceh, Linto Baro, dalam upacara HUT RI ke-73 di Istana Merdeka. Linto Baro merupakan baju adat hasil akulturasi antara budaya Islam dan Melayu. Sementara, Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan baju adat Minangkabau.

Jokowi beralasan, pemilihan baju adat Aceh karena keinginannya sendiri. Menurut Jokowi, Indonesia memiliki adat dan tradisi yang banyak. "Pakaian adat juga banyak, ratusan, mungkin ribuan. Jadi banyak pilihan, dan kita pilih ini," katanya menjelang detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka.

Menurut Jokowi, baju adat yang dikenakannya sudah dipersiapkan jauh hari. Baju adat tersebut tampak kelihatan sesuai dengan ukuran badan Jokowi. "Dijahit sendiri," katanya.

Presiden ketujuh RI ini berharap, di usia 73 tahun, masyarakat Indonesia semakin optimis dalam membangun kerukunan, kesatuan dan persatuan bangsa.

"Kita harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, pada persatuan, kesatuan. Karena stabilitas politik, stabilitas keamanan itu modal yang paling fundamental dalam kita membangun negara ini," katanya.


Reporter : Hendry Roris Sianturi

Editor : Bernadetta Febriana

Hendry Roris P. Sianturi
17-08-2018 10:12