Main Menu

Pegadaian Peringati HUT Kemerdekaan di Kota Pancasila Ende

Abdul Rozak
17-08-2018 16:56

Pegadaian Peringati Kemerdekaan RI di Kota Pancasila Ende (Humas pegadaian/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Memperingati HUT Kemerdekan Indonesia ke-73, PT Pegadaian (Persero) menggelar upacara di Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain upacara, jajaran direksi Pegadaian melakukan napak tilas sejarah ke rumah pengasingan Sang Proklamator Bung Karno di Ende.


“Ini bentuk nyata kami, BUMN hadir memperingati kemerdekaan di daerah terpencil, tertinggal dan terluar di tempat yang sangat bersejarah ini,” kata Direktur Utama Pegadaian Sunarso dalam keterangan pers, Jumat (17/8).

Ende dikenal sebagai Kota Pancasila, di mana Bung Karno mendapatkan ilham dasar-dasar bernegara yaitu Pancasila. Di pulau seluas 2.046,7 km persegi ini terdapat rumah pengasingan Presiden Soekarno selama empat tahun dari 1934-1938. Dalam upacara tersebut, Sunarsa bertidak sebagai inspektur upacara. Selain direksi Pegadaian, upacara kemerdekaan diikuti oleh masyarakat sekitar di lapangan Nangaba, Ende.

“Salam keadaan terisolasi dari Jakarta, Bung Karno tidak tinggal diam dan terus berpikir untuk kemerdekaan bangsa dan negara sehingga melahirkan Pancasila,” kata Sunarso.

Dalam kesempatan tersebut, Pegadaian menambahkan sejumlah fasilitas multimedia di rumah pengasingan Bung Karno. Peralatan multimedia ini membantu memberikan penjelasan kepada pengunjung soal sejarah rumah tersebut.

“Rumah Bung Karno ini salah satu destinasi wisata favorit di Kota Ende, selain Danau Kelimutu yang sudah tersohor ke mancanegara sebagai danau tiga warna. Dengan bantuan ini, rumah Bung Karno menjadi andalan wisata baru di Ende,” tutup Sunarso.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
17-08-2018 16:56