Main Menu

Disumpah sebagai Wakapolri, Komjen Ari Dono: Saya Tidak akan Korupsi

Anthony Djafar
17-08-2018 17:16

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) menyematkan tanda pangkat kepada Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto ( ANTARA FOTO/Reno Esnir/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian secara resmi melantik Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai Wakapolri yang ditinggalkan oleh Syafruddin, karena diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (Menpan-RB).


Upacara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) sekitar pukul 14.00 WIB, di ruang Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/8).

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin langsung acara serah terima jabatan. Tampak mantan Wakapolri Syafruddin yang turut hadir.

Dalam sumpahnya yang dibacakan Kapolri, Komjen Ari Dono mengatakan, "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku Penjabat Kepolisian RI, akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggungjawab," kata Ari Dono.

Ari Dono juga diminta untuk mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi dan golongan. Dan diminta untuk memegang rahasia sesuatu yang perlu dirahasiakan.

"Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, dan gratifikasi berupa apa saja. Dari atau kepada siapapun juga, yang diduga atau patut diduga untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban dengan jabatan dan pekerjaan," kata Ari Dono.

Usai pelantikan, Komjen Ari Dono langsung menggelar Sertijab kepada penggantinya, Irjen Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim yang baru. Sedangkan posisi Asisten SDM Polri yang sebelumnya dijabat Arief akan ditempati Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Staf SDM Brigjen Eko Indra Heri.

Sebelum pelantikan, Komjen Ari Dono mengatakan bahwa dirinya sebagai staf, akan membantu tugas-tugas Kapolri.

”Saya sebagai staf tentunya membantu pak Kapolri tentang kebijakan khususnya ke dalam, itu saja. Nggak ada yang istimewa," katanya.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
17-08-2018 17:16