Main Menu

Dua Gempa Kembali Mengguncang Lombok

Cavin Rubenstein M.
19-08-2018 12:28

Gempa bumi susulan di Pulau Lombo, NTB. (Dok. BMKG/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dua gempa yang terjadi hampir berbarang kembali mengguncang kawasan Lombok. Getarannya terasa hingga pulau Bali.

 

Minggu (19/8) siang ini, akun Twitter Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan telah terjadi gempa bumi sebanyak dua kali. Yang pertama berkekuatan 5,4 pada skala Richter sekitar pukul 12.06 Wita dengan pusat gempa di 25 kilometer timur laut Lombok Timur dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Selang empat menit kemudian terjadi gempa susulan atau gempa kedua dengan kekuatan lebih besar yakni 6,5 skala Richter yang juga berpusat sekitar 32 kilometer timur laut Lombok Timur. Lebih lanjut, BMKG menyebutkan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Seperti dilaporkan oleh kantor berita Antara, getaran gempa di Lombok Timur itu juga terasa hingga pulau Bali. "Sebulan terakhir gempa terus terjadi jadi harus selalu waspada walau agak was-was juga," kata Wayan Astri, warga Desa Batubulan Kangin, Kabupaten Gianyar, Minggu (18/8) siang.

Meski demikian, gempa yang terjadi sekitar beberapa detik itu tidak menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan warga setempat, termasuk tidak menimbulkan kepanikan.

Dua gempa bumi di Minggu siang ini merupakan yang kesekian kalinya terjadi setelah gempa terbesar pada 5 Agustus 2018, dengan kekuatan 7 pada skala Richter.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat akibat gempa 7 skala Richter tersebut hingga Rabu (15/8) sebanyak 460 orang meninggal dunia, tersebar di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 396 orang, Lombok Barat (39), Lombok Timur (12), Kota Mataram (9), Lombok Tengah (2) dan Kota Denpasar 2 orang.

Jumlah korban jiwa itu diprediksi masih bisa bertambah mengingat Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban tertimbun longsor.


 

Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
19-08-2018 12:28