Main Menu

Wapres JK Menerima Kunjungan Gubernur Aichi

Anthony Djafar
20-08-2018 19:47

Wapres saat menerima kunjungan Gubernur Perfektur Aichi Hideaki Ohmura di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Senin (20/8). (Dok.setwapres/RT)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan apresiasinya kepada pemerintah Jepang yang tetap setia, melalui pengusahanya untuk menanamkan modalnya termasuk juga perusahaan-perusahaan terkemuka dari Aichi seperti Toyota, meskipun Indonesia mengalami dua kali krisis.


“Terima kasih bapak gubernur untuk kehadiran di Indonesia dan itu kehormatan kita untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia dan Jepang khususnya Aichi," kata Wapres saat menerima kunjungan Gubernur Perfektur Aichi Hideaki Ohmura di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Senin (20/8).

Wapres menilai bahwa hubungan Indonesia dan Jepang harus tetap dijaga dengan baik agar dapat berimplikasi pada hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan kedua negara.

“Indonesia dan Jepang sebagai negara yang mempunyai penduduk yang besar tentu sangat baik sebagai investasi juga sebagai pasar masing-masing negara," katanya.

Wapres juga mengharapkan adanya penambahan jumlah tenaga kerja Indonesia di Jepang mengingat Indonesia mempunyai prinsip yang besar untuk bekerja keras, untuk belajar di Jepang,

“Saya sangat senang, saya tidak pernah mendengar ada tenaga kerja Indonesia membuat masalah di Jepang. Sehingga dapat mengajak lebih banyak lagi pelajar untuk bisa belajar ke Jepang," katanya.

Sebelumnya Ohmura menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan Indonesia pada acara pembukaan Asian Games (AG) Sabtu lalu.

Ohmura yang hadir sebagai undangan VIP, sempat terpesona dan takjubnya atas acara tersebut yang di kemas dengan sangat monumental.

"Jadi semua formasi itu bagus dan sangat luar biasa," katanya.

Jepang yang pada AG kali ini, kata Ohmura, mengirimkan sekitar 762 orang atlit dan mengincar tempat ketiga dalam perolehan medali di AG.

Ohmura berharap, delapan tahun kedepan, Indonesia dapat mendukung penyelenggaraan AG di Aichi, Jepang.

Rupanya, Wapres JK memberi signal positif, karena dua tahun lagi, Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Wapres menyampaikan bahwa Jepang layak menjadi tuan rumah perhelatan pesta olah raga terbesar dunia.

Gubernur Perfektur Aichi tersebut juga menyampaikan bahwa saat ini lebih dari 250 perusahaan yang melakukan investasi dan bisnis di Indonesia dan itu berasal dari Aichi.

“Lebih dari 50% dari total nilai investasi yang ditanamkan itu berasal dari daerah kami,” katanya.

Ohmura yang datang didampingi beberapa pengusaha bergerakn di bidang industri diantaranya Yamamoto dari Nagoya Chamber of Commerce & Industry, Kurihara dari Central Japan Economic Federation dan juga Tomozoi dari Central Japan International Airport.

Adapun Wapres didampingi Ricardo Gelalel, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Dukungan Kebijakan Pemerintahan Guntur Iman Nefianto dan Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
20-08-2018 19:47