Main Menu

Uji Coba Persinyalan, MRT Jakarta Melintasi Bundaran HI

Abdul Rozak
21-08-2018 13:49

Infrastruktur jalur layang Mass Rapid Transit ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Uji coba sistem persinyalan System Acceptance Test (SAT) Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta berjalan sukses. Dalam uji coba ini, untuk pertama kalinya gerbong MRT melintasi jalur bawah tanah (underground) sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

Uji coba sistem persinyalan SAT dimulai sejak Kamis (9/8). Uji coba menggunakan rangkaian gerbong MRT pertama dimulai dari Depo Lebak Bulus sampai ke Bundaran HI.

"Tahapan ini dilakukan uji coba kereta dengan kecepatan rendah, medium, dan tinggi," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/8).

MRT Jakarta menggunakan sistem persinyalan Communication Based Train Control (CBTC) dikendalikan dari ruangan Operation Control Center (OCC) oleh Traffic Dispatcher. Kelebihan sistem ini adalah pengaturan rentang waktu antarkereta (headway) diatur (OCC).

MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI dijadwalkan beroperasi penuh pada April 2019. Fase I ini terdiri atas jalur elevated (layang) dan underground (bawah tanah) sepanjang kurang lebih 16 kilometer (KM).

"Uji coba SAT ini sudah dilakukan sejak 9 Agustus 2018 memakai gerbong pertama yang diproduksi di Jepang," kata William.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Iwan Sutiawan

Abdul Rozak
21-08-2018 13:49