Main Menu

Bill Gates Bantu Pemerintah Indonesia Vaksin Cegah Stunting

Mukhlison Sri Widodo
21-08-2018 15:27

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dengan Head for Policy and Government Relations for South-East Asia Dr. Christopher Elias. (Kementerian PPN/Bappenas/FT02

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / BAPPENAS mengadakan pertemuan dengan perwakilan Bill & Melinda Gates Foundation pada Selasa (21/08). 

 

Agenda pertemuan membahas kerja sama pada bidang Sustainable Development Goals (SDGs), terutama untuk memperbaiki kesehatan anak.

Menteri PPN Bambang Brodjonegoro mengungkapkan aspek-aspek yang menjadi fokus utama kerjasama ini, di antaranya adalah penyediaan vaksin untuk stunting (masalah gizi kronis) dan pencegah penyakit paru-paru pada anak di Indonesia. 

Penyakit ini cukup marak diderita oleh anak-anak di Papua dan Nusa Tenggara. 

Bantuan ini dilakukan melalui Global Finance Facility yang bekerja sama dengan World Bank. Bantuan juga untuk penyakit lain yang berpotensi menyebabkan tinggi tingkat kematian. 

“Salah satunya gangguan paru-paru. Sudah ada vaksin di dunia untuk mengecah penyakit paru-paru pada anak-anak” jelas Bambang. 

Diharapkan pengadaan vaksin ini dapat melalui PBB. Pertemuan ini juga membahas agar ketersediaan vaksin tersebut di Indonesia dengan harga terjangkau. 

“Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tapi juga melibatkan banyak sektor kementerian. Dan stunting harus menjadi prioritas sehingga dari Gates Foundation Indonesia bisa menjadi salah satu contoh menurunkan stunting dalam waktu cepat.” ungkap Bambang. 


Reporter : CH
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
21-08-2018 15:27