Main Menu

Bandingkan MRT dan KRL, Anies; Ini Seperti Naik Eskalator

Abdul Rozak
23-08-2018 14:49

Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan Jajal Kereta MRT Jakarta. (Dok.JakartaMRT/RT)

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishi meninjau uji coba System Acceptance Test (SAT) Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dari depo Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Kamis (23/8).

Pembangunan MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI mencapai 95% hingga pertengahan Agustus 2018. Proyek senilai Rp 16 triliyun ini memiliki panjang 16 kilometer dengan lintasan layang (elevated) dan bawah tanah (underground).

“Naik kereta [MRT] minim guncangan, rasanya seperti naik eskalator berjalan. Tidak ada goncangan atau bumpy,” kata Anies kepada wartawan saat ditanya perbandingan naik MRT dan KRL di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Anies memastikan pembangunan MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI tepat waktu. MRT fase I dijadwalkan akan beroperasi penuh pada April 2019 mendatang. Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menuturkan uji coba SAT merupakan bagan dari proses testing dan commuting yang meliputi sinyal, listrik, dan rollingstock (gerbong). Uji coba SAT akan berlangsung sampai dengan Desember 2018.

“Setelah proses ini selesai pada Desember 2018, selanjutnya trial and run atau uji coba operasi dari Desmber sampai Maret 2019. Setelah itu beroperasi penuh,” kata William.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Iwan Sutiawan

Abdul Rozak
23-08-2018 14:49