Main Menu

Indonesia dan Prancis Bersinergi Kirimkan Bantuan ke Lombok

Annisa Setya Hutami
25-08-2018 18:41

A400M lepas landas dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma (dok. Maverick)

 

Lombok, Gatra.com- Pemerintah Indonesia, Pusat Penanggulangan Krisis dan Bencana Kementerian Eropa dan Luar Negeri Perancis (CDCS), serta Airbus Foundation mengirimkan 24 ton bantuan yang terdiri dari genting metal, bahan makanan, dan ambulans dari Jakarta ke Lombok pada Jumat (24/8) kemarin.

Pengiriman tersebut menggunakan pesawat angkut A400M yang disediakan oleh Angkatan Udara Prancis.
“Kita semua telah melihat kerusakan yang diakibatkan oleh rentetan gempa di Lombok. Mewakili semua orang di Airbus, saya turut mendoakan agar semua yang terkena musibah segera pulih kembali,” ujar Andrea Debbane, Executive Director, Airbus Foundation melalui rilis yang diterima oleh Gatra.com pada Sabtu (25/8).

Meskipun terdapat bantuan asing, namun pemerintah Indonesia memiliki peran sentral yang tidak tergantikan. Kementerian BUMN mendistribusikan 20 ton genting logam dan TNI AU mendonasikan bahan makanan. Sedangkan Dewan Ketahanan Nasional menyediakan dua ambulans yang akan mendukung kelancaran bantuan medis di Lombok. Ketiga jenis bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh korban gempa.

“Satu dari sepuluh penduduk di Lombok kini tidak memiliki tempat berlindung dan ribuan penduduk terpaksa mengungsi akibat rubuhnya ribuan rumah setelah rentetan gempa bumi mengguncang Lombok dalam tiga pekan terakhir,” katanya.

Pengumpulan bantuan ini dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN dan diterima di Lombok oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan ini akan didistribusikan melalui program tanggung jawab sosial (CSR) dari perusahaan-perusahaan BUMN.


Reporter: ASH
Editor: Arief Prasetyo

 

 

 

Annisa Setya Hutami
25-08-2018 18:41