Main Menu

Mensos Pantau Langsung Pencairan Bansos untuk Pengungsi

Mukhlison Sri Widodo
26-08-2018 19:34

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (dok. Humas kemensos/yus4)

Sumbawa, Gatra.com - Kementerian Sosial tetap melakukan pencairan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) untuk warga korban gempa di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB). 

 

Hal ini diungkapkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Minggu (26/8) siang. "Pencairan bansos harus tetap dilaksanakan untuk meringankan beban ekonomi warga yang terdampak bencana," ujarnya. 

Saat berdialog dengan para ibu penerima PKH di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Agus mengatakan pemerintah akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan perlindungan sosial.

Maka dari itu, ia berharap, ibu-ibu tidak boleh putus asa dan harus selalu memiliki harapan. 

Sekitar pukul 11 siang waktu setempat, proses pencairan PKH berlangsung. Proses pencairan didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Saat itu, Agus didampingi Gubernur Terpilih NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Kabupaten Sumbawa Husni Djibril memantau langsung prosesnya. 

PKH untuk Kabupaten Sumbawa pada tahun 2018 adalah Rp42,7 milyar untuk 22.595 keluarga.Terdiri dari PKH reguler sebanyak 22.376 keluarga, PKH Disabilitas 56 keluarga dan PKH Lansia 163 keluarga.

Sementara itu PKH untuk Provinsi NTB pada tahun 2018 sebesar Rp615,2 milyar untuk 325.320 keluarga. Terdiri dari PKH Reguler 321.727 KPM, PKH Disabilitas 1.985 KPM dan PKH Lansia 1.608 KPM.

Usai meninjau proses pencairan bansos, Mensos bergerak menuju Gudang Bulog Alas, Kabupaten Sumbawa. 

Di lokasi ini Mensos meninjau Dapur Umum sekaligus menikmati menu makan siang yang dimasak oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sumbawa.

"Masakannya enak. Ada mi goreng, telur balado, dan ikan," kata Menteri yang siang itu mengenakan kemeja putih dipadu celana panjang hitam dan topi Tagana warna merah. 

Selanjutnya, Mensos menuju Pelabuhan Kayangan untuk menyeberang menuju Lombok. Namun sebelum itu, Mensos menyempatkan menemui pengungsi yang ada di Sumbawa Barat. Di tempat pengungsi ini, Mensos memberikan sembako bantuan Presiden Joko Widodo.  

Seperti diketahui gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang Pulau Sumbawa pada 19 Agustus 2018. Sebanyak 10 orang meninggal dunia, 9.031 rumah rusak, dan 49.188 orang mengungsi. 

Total anggaran yang disalurkan untuk korban bencana gempa di Sumbawa adalah Rp89,8 miliar terdiri dari bantuan permakanan, bantuan perlengkapan pengungsian, santunan ahli waris korban meninggal, bansos PKH, bantuan pangan rastra, paket sembako, dan Cadangan Beras Pemerintah.


Reporter : Umaya Khusniah
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
26-08-2018 19:34