Main Menu

Anak Konglomerat yang Pernah Dicekal KPK ini, DIundang Jokowi ke Istana

Hendry Roris P. Sianturi
27-08-2018 16:16

Richard Halim Kusuma (GATRA/Hendry Roris/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo menggelar pertemuan dengan anak-anak para taipan di Istana Merdeka. Jokowi berbincang dengan generasi kedua konglomerat Indonesia itu, tentang kondisi perekonomian nasional di Meja Oval Istana.

 

Satu dari 26 peserta yang diundang adalah Richard Halim Kusuma. Richard merupakan putra dari Sugianto Kusuma (Aguan), taipan sekaligus pemilik Agung Sedayu Grup. Mengenakan busana batik, Richard duduk di kursi sebelah kanan Jokowi.

Richard mengatakan baru dapat informasi untuk bertemu Jokowi, sekitar dua hari lalu. "Saya diundang ketum (Rosan P. Roeslani). (Ketum) Kadin," katanya kepada GATRA seusai bertemu dengan Presiden Jokowi, (27/08).

Berdasarkan catatan GATRA, KPK sudah memeriksa Richard setidaknya lima kali.

Yung Yung, sapaan Richard, diduga mengetahui banyak hal mengenai dugaan suap reklamasi yang melibatkan mantan Anggota DPRD DKI, M Sanusi dan Presdir PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja.

KPK juga pernah mencekal Richard berpergian ke luar negeri karena kasus reklamasi selama enam bulan. Pencekalan berlaku sejak Bulan April 2016 sampai Oktober 2016.

Richard pun mengklaim, kasus korupsi reklamasi Jakarta yang sempat membuatnya panik ini, sudah selesai. "Iya (sudah beres). Nanti kita lihat gimana yah," kata komisaris Bank Artha Graha ini.


Reporter : Hendry Roris Sianturi
Editor : Mukhlison

Hendry Roris P. Sianturi
27-08-2018 16:16