Main Menu

Dibanding MPR-DPD, Kinerja DPR RI Dinilai Lebih Baik

Wem Fernandez
28-08-2018 17:01

Manajer Riset Charta Politika, Muslimin Tanja.(GATRA/Wem Fernandez/re1)

Jakarta, Gatra.com - Ranking Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam menjalankan fungsinya rupanya jauh lebih baik dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


Berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politika dengan melibatkan 800 responden sejak 23-26 Agustus lalu, sebanyak 34% di antaranya percaya akan kinerja DPR sedangkan MPR hanya 12,8%, dan DPD, 11,3%.

Manajer Riset Charta Politika Muslimin Tanja mengungkapkan, hasil positif yang diperoleh DPR tidak terlepas dari tugas-tugas legislasi yang dihasilkan. Terbukti 34% respon memlih DPR RI.

“Dari 800 responden itu, sebanyak 41,1% tidak memberikan penilaian atau tidak tahu,” kata Muslim saat pemaparan hasil survei di salah satu restoran wilayah Jakarta Selatan, Selasa (28/8).

Muslim menambahkan, survei dilakukan di delapan kota besar seperti DKI Jakarta, Palembang, Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar menggunakan sambungan telepon. Adapun pemilihan respondennya, kata dia, dilakukan secara acak sistematis.

"Toleransi kesalahan phone survei (margin of eror) kurang lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," demikian Muslim.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
28-08-2018 17:01