Main Menu

Pertahankan Kinerja, Bamsoet: DPR RI Akan Luncurkan Aplikasi

Wem Fernandez
28-08-2018 18:03

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo usai menghadiri rilis survei Charta Politica.(GATRA/Wem Fernandez/re1)

 

 

- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo mengaku terkejut dengan hasil survei yang dirilis oleh Charta Politica. Disebutkan, lembaga yang dia pimpin jauh lebih baik dalam menjalankan tugas legislasinya ketimbang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


“Saya agak surprise, DPR bisa naik kelas. Walaupun masih banyak tantangan yang harus diselesaikan dalam memasuki tahun politik ini,” jelasnya usai rilis hasil survei di salah satu restoran wilayah Jakarta Selatan, Selasa (28/8).

Menjaga konsistensi DPR dalam prestasi ini, lanjut politisi Golkar yang akrab dipanggil Bamsoet, maka koordinasi dengan pimpinan fraksi akan terus digalakkan. Apalagi jelang Pemilihan legislatif sekaligus presiden pada 2019 mendatang, di mana setiap legislator yang hendak maju akan lebih sibuk ke daerah pemilihan mereka.

“Maka pembagian tugas anggota sangat diperlukan. Saya akan berkoordinasi dengan pimpinan fraksi sebagai kepanjangan tangan partai politik di DPR. Bagaimana membagi tugas-tugas anggotanya, agar tetap mengisi ruang rapat dan tidak ada yang kosong. Minimal ada 5-10 anggota,” tegas Bamsoet.

Menurut Bamsoet, prestasi ini juga tidak terlepas dari wajah DPR yang telah menjadi parlemen terbuka. Artinya, segala informasi yang dilakukan DPR dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat melalui perangkat media sosial yang ada. Ke depan, akan ada aplikasi ‘DPR Now’ yang memuat semua jenis kegiatan parlemen agar mudah diakses oleh masyarakat.

“Semua informasi bisa didapatkan, kapan saja, di mana saja melalui akses teknologi yang sudah kita bangun sistemnya dan besok kita rujukan di DPR aplikasi yang namannya ‘DPR dalam genggaman rakyat, judulnya DPR Now’. Itulah tujuan kita, bahwa DPR harus kelihatan, bisa diakses secaea real time oleh masyarakat,” tegas dia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politika dengan melibatkan 800 responden sejak 23-26 Agustus lalu, DPR RI rupanya jauh lebih baik dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam menjalankan fungsinya. Sebanyak 34% di antaranya percaya akan kinerja DPR sedangkan MPR hanya 12,8%, dan DPD, 11,3%.

Manajer Riset Charta Politika Muslimin Tanja mengungkapkan, hasil positif yang diperoleh DPR tidak terlepas dari tugas-tugas legislasi yang dihasilkan. Terbukti 34% respon memlih DPR RI.

“Dari 800 responden itu, sebanyak 41,1% tidak memberikan penilaian atau tidak tahu,” kata Muslim saat pemaparan hasil survei.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
28-08-2018 18:03