Main Menu

Safari ke Pesantren di Jatim, Ma’ruf Amin: Menelusuri Pesan Para Pendiri NU

Mukhlison Sri Widodo
03-09-2018 16:33

Bakal calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, memulai rangkaian silaturahmi ke beberapa pesantren di Jawa Timur selama dua hari. (ANTARA/Prasetia Fauzani/RT)

 

Surabaya, Gatra.com - Bakal calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, memulai rangkaian silaturahmi ke beberapa pesantren di Jawa Timur selama dua hari.

 

Didampingi Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan salah satu Ketua PBNU Robikin Emhas, beserta rombongan, Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Senin (3/9) pagi, sekira pukul 07.15 WIB.

Tiba di Bandara Juanda, rombongan Ma'ruf Amin disambut oleh Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, dan Ketua PKB Surabaya Musyafak Rouf.

Dari Bandara, Ma'ruf Amin beserta rombongan langsung menuju Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri. Sesuai jadwal, usai dari Ploso, Ma'ruf Amin bersilaturahmi ke Pesantren Lirboyo, Kediri. Lalu bergeser ke Kabupaten Jombang.

Selama di Jombang, Rais Aam PBNU itu akan mengunjungi diantaranya Pesantren Tebuireng, Denanyar, Tambakberas, dan Paterongan.

Ma'ruf Amin mengaku memilih mengunjungi pesantren karena dari situlah ia awal mula proses pengabdian pada bangsa dan negara. Ma'ruf Amin adalah alumni Pesantren Tebuireng.

"Saya harus balik ke pesantren, menelusuri pesan-pesan para pendiri NU dan pendidik saya dulu. Kita tidak boleh melupakan itu karena dari sana kita berangkat," kata Ma'ruf saat ditemui di Bandara Juanda.

Usai dari Jombang, cawapres pendamping Joko Widodo itu akan pertemuan dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul (PWNU) Jawa Timur di Surabaya.

"Besoknya ke Lamongan di (pesantren) Sunan Drajad, diteruskan ke Sarang (Jawa Tengah) sowan ke Mbah Maimun," ujar ketua umum nonaktif MUI ini.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin maju dalam Pemilihan Presiden 2019, dengan diusung koalisi partai politik, di antaranya PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, PKB, PPP, dan Hanura.

Sedangkan rivalnya adalah pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Unu, diusung Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
03-09-2018 16:33