Main Menu

Presiden akan Lantik Serentak Gubernur Terpilih, Disiapkan Layar Lebar

Anthony Djafar
03-09-2018 18:45

Soni Sumarsono.(GATRA/Erry Sudiyanto/re1)

Makassar, Gatra.com - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mengatakan bahwa bahwa presiden Jokowi Widodo direncanakan akan melantik delapan gubernur dan wakil gubernur terpilih di istana negara, pada Rabu 5 September 2018.

 

"Rencananya pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk delapan provinsi pada tahap pertama ," kata Soni ketika dihubungi di Makassar, Sulawesi-Selatan, Senin (3/9).

Soni yang juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan saat ini menguraikan kedelapan provinsi itu diantaranya Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jawa Tengah (Jateng), Bali, Kalimantan Barat (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Untuk tahap kedua, kata Soni menyusul akan dilantik empat pemerintah provinsi lainnya diantaranya Jawa Barat (Jabar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Selatan (Sumsel), dan Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tahap kedua pelantikannya pada 27 September,” katanya.

Pada pelantikan itu nantinya, kata Soni, undangan yang diberikan beersifat terbatas yang hanya dihadiri mereka yang dilantik dan pendampingnya.

"Ditambah Forkominda, penjabat gubernur, dan istri sejumlah pejabat pusat dan para menteri kabinet kerja," katanya.

Adapun pejabat daerah yang hadir mengikuti jalannya pelantikan, tidak semua bisa ikut masuk ke dalam gedung, namun akan disiapkan layar lebar untuk nonton.

“Nonton pada prosesi pelantikan di gedung sebelahnya, dalam kawasan istana," katanya.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
03-09-2018 18:45