Main Menu

Ratusan Advokat KAI Ikuti Sosialisasi E-Court

Sujud Dwi Pratisto
04-09-2018 13:44

Ketua KAI Jabar Lukman Chakim memberikan cenderamata kepada Ketua PT Jabar Arwan Byrin saat sosialisasi e-court. (Dok. KAI Jawa barat/FT02)

Bandung, Gatra.com - Pengadilan Tinggi Jawa Barat bersama dengan DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) menggelar sosialiasi layanan peradilan elektronik atau e-court. Acara yang berlangsung di Hotel Homann, Asia Afrika, Bandung ini dihadiri  oleh Ketua Pengadilan Tinggi, anggota KAI Jawa Barat, perwakilan dari Polda Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Pengadilan Tinggi untuk bersama sama melakukan sosialisasi,” kata Ketua DPD KAI Jawa Barat Lukman Chakim dalam rilis yang diterima Gatra.com, Selasa (04/9).

Pelaksanaan e-court diatur dalam Perma No.3 tahun 2018. Isi Perma tersebut intinya mengatur bahwa pelayanan pendaftaran perkara, membayar ongkos perkara, seorang advokat  tidak perlu lagi harus datang ke pengadilan. Tapi cukup melakukannya melalui online dari rumah atau kantor.

Bahkan pemanggilan dan pemberitahuan sidang pun dilakukan dengan cara elektronik. Pengadilan Tinggi Jawa Barat menargetkan pada November tahun ini layanan e-court sudah dapat diterapkan di seluruh pengadilan di Jawa Barat.

Acara sosialisasi ini disambut antusias oleh para advokat yang merupakan anggota KAI. Tercatat total ada 210 advokat dari 19 DPC KAI Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang hadir di Hotel Homann.

“Sosialisasi ini sangat penting diikuti oleh para Advokat KAI Jawa Barat, agar para advokat dapat melakukan proses pendaftaran secara online dan prosedur lainnya, sesuai dengan e-court.” kata Humas DPD KAI Jawa Barat, Arthur Yudi Wardana.


Sujud Dwi Pratisto

Sujud Dwi Pratisto
04-09-2018 13:44