Main Menu

Cak Imin Fasilitasi Dialog Ustaz Somad dengan Kiai NU

Mukhlison Sri Widodo
04-09-2018 15:53

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar.(GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Surabaya, Gatra.com - Ustaz Abdul Somad (UAS) belakangan membatalkan agenda mengisi ceramah di beberapa daerah, di antaranya di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pasalnya, ia mengaku mendapat ancaman.

 

Ceramah UAS memang kerap menuai polemik. Bahkan hingga penolakan dari sebagian masyarakat. Pemantik penolakan karena UAS dituding berafiliasi ke Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), sebuah organisasi yang telah resmi dilarang dan dibubarkan pemerintah.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pun meresponnya. Ia berpendapat, penolakan itu tidak perlu terjadi. Sebab, nasioanalisme UAS tak diragukan lagi.

Menurut Cak Imin --panggilan akrab Muhaimin, pemahaman UAS terhadap Pancasila dan NKRI tidak ada yang menyimpang. Sebaliknya justru memiliki kesamaan.

"Beberapa waktu yang lalu (saya) menemui bersama pimpinan-pimpinan MPR dengan Ustaz Abdul Somad," ujarnya di sela mendampingi bakal calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di kantor PWNU Jatim, Surabaya, Senin (3/8) malam.

Dari pertemuan itu, Cak Imin tahu bahwa tidak ada yang menyimpang dari pandangan UAS terkait Pancasila dan NKRI. Dalam pertemuan tersebut, UAS sudah memberikan penjelasan secara rinci mengenai isu dia berafiliasi ke HTI tersebut.

Cak Imin sadar, meski telah ada klarifikasi dari pihak UAS, namun klarifikasi tersebut belum diketahui oleh masyarakat luas. Karena itu, Cak Imin menyarankan agar klarifikasi itu terus dilakukan oleh UAS sehingga masyarakat luas agar ikut memahaminya.

"Oleh karena itu dialog, klarifikasi lebih dibutuhkan agar tidak ada kecurigaan ataupun penghadangan," tegasnya.

Cak Imin juga menyatakan siap memfasilitasi forum dialog antara UAS dengan para kiai tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Forum itu penting guna mengakhiri kecurigaan masyarakat terhadap sosok UAS yang selalu dikait-kaitkan dengan HTI.

"Saya kira, mengundang Ustaz Abdul Somad untuk bertemu tokoh-tokoh NU supaya terjadi dialog terbuka apa yang menjadi kecurigaan masyarakat tentang HTI," tandasnya.

Selain UAS bisa memberikan klarifikasi atas berbagai tudingan itu, dalam forum itu nanti bisa terbaca pandangan UAS yang sebenarnya tentang NKRI. Sehingga masyarakat luas tahu bahwa UAS benar-benar tidak ada kaitan apapun dengan HTI.

"Tentang pola pikir yang mungkin sudah dibantah Ustaz Abdul Somad tapi belum mendapatkan dukungan merata di kalangan masyarakat. Makanya perlu forum dengan kiai-kiai NU," pungkasnya.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
04-09-2018 15:53