Main Menu

Kongres Perempuan Sedunia Bakal Digelar di Balkodes Borobudur

Mukhlison Sri Widodo
04-09-2018 17:04

Peresmikan balai ekonomi desa atau balkondes Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Magelang, Gatra.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpilih sebagai tuan rumah sidang umum ke-35 Dewan Perempuan Internasional (International Council of Women-ICW) dan pertemuan seribu organisasi perempuan se-Indonesia.

 

Anggota ICW juga diajak berkunjung ke-19 desa di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang memiliki balai ekonomi desa (balkondes).

“Ini pertama kalinya Indonesia, sejak kehadiran ICW 130 tahun lalu, menjadi tuan rumah sidang umum organisasi perempuan terbesar di dunia. Sidang yang berlangsung 13-18 September akan dibuka Presiden Joko Widodo,” kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Uli Silalahi, Senin (3/9), di Magelang.

Dalam kesempatan ini, Uli bersama Staf Khusus Kementerian BUMN Judith Dipodiputro, Direktur Utama Pegadaian Sunarso, dan Sekretaris Perusahaan PT Patria Jasa Gatot Subagio, meresmikan balai ekonomi desa atau balkondes Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Kongres ICW 2018 mengambil tema ‘Mentransformasi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Perempuan’ dan dihadiri 150 perwakilan dari 50 negara anggota ICW.

Rencananya, selain Presiden Joko Widodo, sidang umum ICW juga dihadiri Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitrarovi, Wakil Presiden Iran Masoumah Ebektar, dan Wakil Presiden Filipina Lenny Robredo.

“Selain memilih Presiden ICW, sidang umum yang dihadiri berbagai organisasi perempuan di Indonesia ini akan menggelar sejumlah diskusi panel untuk membahas perkembangan peran perempuan,” lanjut Uli.

Menurut Uli, sebagai tulang punggung bangsa, peran perempuan tidak lagi terfokus pada memerangi kesenjangan  dan ketertinggalan sesama perempuan. Namun juga mampu melakukan transformasi nilai-nilai  kebangsaan bagi generasi berikutnya secara mulus.

Setelah bersidang, peserta kongres ICW  diajak ke berbagai balkondes Borobudur untuk melihat  pentingnya peran perempuan di desa-desa yang mampu meningkatkan ekonomi dengan produk UMKM.

Sebagai persiapan acara ini, PT Patra Jasa menyatakan sebanyak 19 balkondes yang merupakan bantuan tiap BUMN menyediakan 365 kamar untuk para peserta sidang ICW.

“Balkondes Ngargogondo yang diresmikan dan dibangun PT Pegadaian ditujukan untuk memberdayakan masyarakat desa. Sama seperti keberadan balkondes lain,” kata Gatot.

Adapun Judith Dipodiputro berharap pembangunan 19 balkondes oleh BUMN di Borobudur akan menjadi percontohan untuk mengembangkan daerah lain, terutama di kawasan Indonesia timur.

BUMN berharap  balkondes di sekitar objek wisata mampu mengangkat kearifan lokal dan perekonomian setempat melalui seni budaya.


Reporter: Arif Koes
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
04-09-2018 17:04