Main Menu

Kedatangan Kepala Daerah ke KPK untuk Optimalisasi Pencegahan Korupsi

Hidayat Adhiningrat P.
05-09-2018 19:17

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo didampingi Delapan Gubernur menyambangi KPK.(GATRA/Adi WIjaya/re1)

Jakarta, Gatra.com - Selepas dilantik Presiden di Istana Negara pagi tadi. Sekitar pukul 16:00 WIB, Gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak 2018 bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan.

 

Kedatangan 8 Gubernur ini atas undangan KPK yang ingin bersilahturahmi sekaligus ingin mendengarkan secara langsung permasalahan di daerah. Tjahjo mengatakan maksud lain dari kedatangan dirinya dan para kepala daerah terpilih yakni untuk membangun komunikasi dengan daerah dalam upaya mengoptimalisasikan pencegahan korupsi.

"Mencermati area-area rawan korupsi, seperti perencanaan anggaran, mekanisme pembelian dan penjualan barang dan jasa. KPK siap memberikan materi dan fungsi pengawasan," tutur Tjahjo pada Gatra.com, Rabu (5/9).

Tjahjo optimis pertemuan yang berlangsung dapat menjadi solusi ampuh penanganan kasus korupsi di daerah. Pasalnya, dalam agenda pertemuan membahas segala permasalahan termasuk cara menangani masalah korupsi dengan baik. Dengan begitu Kepala Daerah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Saya yakin mereka semua memiliki komitmen untuk memberantas korupsi dengan melihat berbagai kendala yang ada," paparnya.

Tjahjo tiba di KPK lebih awal, disusul Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Selatan dan wakilnya Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, Gubernur Kalimantan Barat dan wakilnya Sutarmidji-Ria Norsan, Gubernur Bali dan wakilnya I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana.

Kemudian Gubernur Sulawesi Tenggara dan wakilnya Ali Mazi-Lukman Abunawas, Gubernur Papua dan wakilnya Lukas Enembe-Klemen Tinal, serta Gubernur Sumatera Utara dan wakilnya, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.


Reporter: Riana Astuti
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
05-09-2018 19:17