Main Menu

Ganjar Siap Pecat PNS Korupsi yang Sudah Inkracht

Iwan Sutiawan
06-09-2018 06:49

Gubenur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. ( ANTARA/Puspa Perwitasari/RT)

Jakarta, Gatra.com - Guburnur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang merupakan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) tegas mengatakan akan memecat pegawai negeri sipil (PNS) yang melakukan korupsi dan putusannya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

"Pecat, kalau korupsi itu pecat kok!" kata Ganjar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu petang (5/9), menjawab pertanyaan wartawan soal ribuan PNS pelaku korupsi yang belum dipecat.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BPK), bahwa masih ada 2.357 orang PNS atau ASN yang belum dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkracht. Jumlah tersebut merupakan sisa dari 2.674 PNS yang melakukan korupsi dan dijatuhi pidana penjara.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan, bahwa ribuan PNS itu tersebar di beberapa daerah dan pemecatannya akan rampung pada tahun ini setelah berkoordinasi dengan Kemenpan RB serta pihak terkait.

Kembali soal pertemuan 8 gubernur dan wakilnya dengan KPK, Ganjar menyampaikan, ini merupakan dialog bagaimana mencegah korupsi di masing-masing daerah gubernur dan wakilnya yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya kita dialog bagaimana mencegah korupsi, bagaimana pengalaman provinsi-provinsi. Terus bagaimana kita perbaiki ke depan agar kita tidak terjadi hal-hal seperti ini, relasi dengan DPR, dengan Forkompimda, penyusunan anggaran," ujarnya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
06-09-2018 06:49