Main Menu

Ini Pesan KPK kepada Gubernur Sultra

Iwan Sutiawan
06-09-2018 07:08

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi.  (ANTARA/Puspa Perwitasari/RT)

Jakarta, Gatra.com - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendapat pesan khusus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah korupsi yang merupakan salah satu kejahatan luar biasa.

 

"Pesannya, kalau ada keraguan dalam memutus sesuatu akan lebih baik kita koordinasikan dengan KPK, Mendagri," kata Ali di KPK, Jakarta, Rabu petang (5/9).

Dengan demikian, lanjut Ali, kepala daerah termasuk dirinya tidak salah jalan atau terhindar dari potensi melakukan tindak pidana korupsi. Ini juga sangat baik untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih.

"Inikan bagus, baik kita pemerintahkan, bagus untuk tata kelola pemerintah yang baik, sehingga potensi-potensi sumber daya alam yang kaya akan bangsa kita ini terkelola dengan baik. Itu intinya," ujar Ali.

Ali berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan KPK hinggga minta asistensi agar penyelenggaraan pemerintahan tidak menyimpang dari aturan main yang sudah ditetapkan dan program kerja pemda lebih terarah.

"Kita koordinasi, kemudian kita mungkin minta diasistensi. Sehingga program kerja dari daerah bisa terarah untuk cegah terjadinya peristiwa-peristiawa hukum. Itu yang paling terpentingkan," katanya.

Sedangkan saat wartawan menanyakan soal adanya kemungkinan deklarasi ganti presiden di wilayah Sultra, Ali mengaku belum bisa memberikan keterangan karena baru saja dilantik.

"Saya kira belum ke situ kita bahas. Kita ndak bicara itu. Yang pertama, kita setelah dilantik di Istana kemudian tadi abis acara ibu-ibu dekranas. Kita berailaturahmi dengan KPK. Saya kira ini juga salah satu langkah bagus dan terobosan bagus bagi kita-kita yang baru dilantik ini," ujarnya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
06-09-2018 07:08