Main Menu

Verifikasi 25 Juta Data Ganda, KPU Optimis 10 Hari Rampung

Wem Fernandez
06-09-2018 15:55

Ketua KPU Arief Budiman (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

 

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan verifikasi data terhadap 25 juta pemilih ganda yang diserahkan koalisi pendukung pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Kurang lebih 10 hari ke depan, KPU optimis akan menyelesaikan verifikasi data tersebut.

 

Demikian pernyataan Ketua KPU Arief Budiman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/9) petang. “Insya Allah selesai. Sekarang sedang diperiksa, jam 10.00 WIB tadi sudah lakukan koordinasi untuk mengecek laporan 25 juta itu.” kata Arief.

Agar tak menimbulkan perdebatan panjang, KPU juga menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik dalam mengecek data ganda yang dimaksud. Hanya saja, Arief sendiri belum bisa memastikan pada bagian mana data ganda yang dimaksud.

“Pokoknya hari ini kita cek semua sampai 10 hari ke depan,” tegas dia.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Herman Khaeron menambahkan, waktu 10 hari untuk verifikasi data ganda memang diatur dalam Undang-Undang (UU). Nantinya, KPU akan memberikan klarifikasi temuan data ganda yang dimaksud termasuk untuk menyempurnakannya.

“25 juta data ganda artinya ada indikasi dan besar sekali. Indikasi itu harus di klarifikasi dan di verifikasi. Komisi II akan kawal sejauh mana klarifikasi dan verifikasi berjalan 10 hari ke depan. Untuk hal lainnya kami lakukan fungsi pengawasan DPR,” terang dia.

Rabu (5/9) kemarin, koalisi partai politik pengusung Prabowo-Sandiaga menyerahkan temuan 25 juta data pemilih ganda dari 137 juta Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada KPU. Penyerahan dilakukan oleh empat Sekjen partai pengusung yaitu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Sekjen PKS Mustafa Kamal, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.


Reporter : Wem Fernandez
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Wem Fernandez
06-09-2018 15:55