Main Menu

Sebanyak 2.357 PNS Koruptor Masih Terima Gaji

Iwan Sutiawan
06-09-2018 18:37

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (GATRA/Jongki Handianto/RT)

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 2.357 pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menerima gaji akibat belum dipecat meski sudah merupakan terpidana kasus korupsi karena putusannya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

 

"Sekitar 2357 PNS yang telah diblokir tersebut masih menerima gaji sepanjang belum diberhentikan oleh PPK [Pejabat Pembina Kepegawaian/kepala daerah] masing-masing," kata Febri Diansyah, juru bicara KPK di Jakarta, Kamis (6/9).

Sesuai keterangan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), bahwa 2.357 PNS/ASN itu datanya sudah diblok untuk mengantisipasi mereka menduduki suatu jabatan. Namun mereka tetap menerima gaji karena belum dipecat.

Untuk mencegah kerugian negara, KPK mendesak agar PPK baik di kementerian maupun lembaga dan kepala daerah, agar segera memecat PNS/ASN yang datanya sudah diblokir tersebut.

"Jika masih ada informasi PNS lain di luar 2.357 tersebut, agar para PPK juga dapat menginformasikan pada BKN atau pada KPK. Karena proses validasi akan terus dilakukan," kata Febri.

Sesuai dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebelumnya, sanksi tegas dapat diberikan kepada kepala daerah sebagai PPK jika tidak memberhentikan para PNS yang telah menjadi napi korupsi tersebut.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
06-09-2018 18:37