Main Menu

Banyak Pesawat Tua, Kemenhan Tetap Akan Beli Hercules

Anthony Djafar
10-09-2018 18:42

C-130J Super Hercules.(REUTERS/Gonzalo Fuentes/re1)

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu merencanakan untuk membeli pesawat angkut Hercules sebanyak lima unit dan helikopter Chinook dari AS karena pesawat yang ada sebagian sudah tua.

 

“Pesawat angkut Hercules yang dimiliki Indonesia sudah tua,” kata Menhan di Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Ryamizard, pembelian pesawat angkut berat itu untuk mendukung arsitektur pengembangan pertahanan, apalagi Presiden Joko Widodo mengharapkan adanya regenerasi pesawat angkut berat terbaru.

“Pesawat Hercules yang ada sejak tahun 1960-an. Pak Jokowi juga bilang, pesawatnya sudah tua," kata Menhan.

Sebelumnya, Menhan Ryamizard bertemu dengan Menhan AS James Mattis, di Washington beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu berbagai hal di bahas termasuk salah satunya rencana pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan akan membeli pesawat jenis angkut C-130J Super Hercules dari Lockheed Martin dan helikopter angkut Chinook dari Amerika Serikat.

“Helikopter Chinook, merupakan helikopter angkut serbaguna, bahkan pasukan khusus AS juga menggunakan helikopter itu,” katanya.

Menhan menyatakan bahwa Indonesia tetap berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan alat utama sistem persenjataan secara mandiri dalam jangka panjang secara bertahap, serta menjalin kemitraan dengan negara-negara sahabat seperti AS.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
10-09-2018 18:42