Main Menu

Demokrat Minta Emil Dardak Jadi Ketua Tim Prabowo-Sandi di Jatim

Mukhlison Sri Widodo
10-09-2018 20:02

Emil Elestianto Dardak (Antara/Zabur Karuru/yus4)

Surabaya, Gatra.com - Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa lebih condong mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019 mendatang, sebuah pilihan politik berbeda dengan Partai Demokrat.

 

Padahal, Demokrat adalah salah satu partai pengusung utama pasangan Khofifah-Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 lalu. Pada Pilpres 2019, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Karena itu, salah satu organisasi sayap Partai Demokrat, Bintang Mercy Indonesia (BMI) berharap agar Emil Elestianto Dardak tidak mengikuti langkah politik Khofifah.

“Partai Demokrat sebagai pengusung utama pasangan Khofifah-Emil, tentu menilai sangat bagus jika mas Emil dipilih menjadi ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi di Jatim dan Pakde Karwo (Soekarwo) sebagai ketua pengarahnya,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) BMI, Farkhan Effendi, Senin (10/9).

Farkhan mengaku sangat senang bila Emil Dardak mendukung Prabowo-Sandi. “Karena Emil, menurut kami punya konstribusi massa yang bagus di daerah Mataraman atau nasionalis, nahdliyin, dan milenial di Jatim,” tegasnya.

Menurut mantan aktivis 98 ini, keberadaan Emil Dardak di kubu Prabowo-Sandi, diharapkan istri Emil, Arumi Bachsin bisa menjadi magnet bagi pemilih di Jatim.

Selain itu, lanjut Farkhan, kekuatan dan jaringan Emil di Jatim akan memberi dampak dan efek besar bagi kerja-kerja pemenangan Prabowo-Sandi. “Terlebih, magnet figur Emil yang muda, smart, cerdas, dan istrinya yang artis. Tentu bisa menambah pemilih dari kalangan emak emak,” pungkasnya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan kandidat, yakni Jokowi-Ma'ruf Amin, dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma'ruf Amin diusung PDIP, Golkar, NasDem, PKB, PPP, dan Hanura, serta didukung PSI dan Perindo.  Sedangkan Prabowo-Sandiaga diusung Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Sementara pada Pilgub Jatim 2018 lalu, Khofifah-Emil Dardak didukung oleh koalisi Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan PAN. Dalam koalisi tersebut, Demokrat dan PAN mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
10-09-2018 20:02