Main Menu

KPK Kantongi Komunikasi Novanto yang Membuat Eni Tertekan

Iwan Sutiawan
13-09-2018 09:08

Setya Novanto. (GATRA/Adi Wijaya/RT)

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa penyidik sudah tahu persis apa yang disampaikan Setya Novanto kepada tersangka Eni Maulani Saragih di Rutan.

 

"Jadi penyidik sudah tahu persis pertemuan yang terjadi dan apa yang dibicarakan di sana [rutan]," kata Febri Diansyah, juru bicara KPK di Jakarta, Rabu petang (12/9).

Namun demikian, Febri belum bersedia apa yang disampaikan Novanto sehingga Eni beberapa hari lalu mengaku ucapan Novanto tersebut membuatnya tidak nyaman alias tertekan.

"Tapi memang kami belum bisa sampaikan karena ini masih dalam proses penyidikan. Jadi hanya itu yang bisa dikonfirmasi," ujarnya.

Febri mengatakan, bahwa Novanto sempat mendatangi tersangka Eni di Rutan. Keterangan ini sesuai dengan pengakuan Eni beberapa hari lalu.

"Sempat ada pertemuan antara SN dengan tersangka EMS [Eni Maulani Saragih] di rutan, memang benar ada pertemuan tersebut," ungkapnya.

KPK memastikan hal tersebut setelah mengecek rekaman CCTV yang ada di Rutan. "Kami sudah mengidentifikasi karena seluruh kawasan bisa dilihat CCTV," ujarnya.

Sedangkan apakah Novanto bisa dijerat pasal 21 atau 22 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi karena diduga merintangi penyidikan kasus PLTU Riau 1, Febri menyebut belum disimpulkan.

"Sejauh ini penyidik masih lakukan proses pemeriksaan terkait substansi perkara. Jadi belum ada kesimpulan," katanya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
13-09-2018 09:08