Main Menu

KPK Pastikan Usut Semua Anggota DPR Terlibat Korupsi e-KTP

Iwan Sutiawan
19-09-2018 18:06

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar/awy)

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengusut seluruh anggota DPR yang masuk dalam putusan maupun dakwaan karena diduga terlibat dalam kasus korupsi e-KTP pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merugikan keuangan negara Rp2,3 triliun.

 

"Prinsipnya, semua informasi darimana pun, apalagi itu dari yang dibicarakan dan diucapkan di persidangan, pasti akan menjadi sesuatu hal perhatian dari penyidik. Kita pastikan penyidik akan mendalami hal itu. Jadi tanpa ditanya pun pasti jawabannya seperti itu," kata Basaria Panjaitan, Wakil Ketua KPK di Jakarta, Rabu (19/9).

Sedangkan relatif lamanya pengusutan dari kalangan dewan dan saat ini baru berhasil membuktikan peran Seya Novanto dalam perkara ini, Basaria mengaku pihaknya juga ingin prosesnya berlangsung cepat.

"Pengennya sih cepat, saya juga pengennya cepat. Tapi kan gimana ya, penyidik kan kita enggak bisa kita paksakan juga untuk menemukan dua alat bukti, itu tidak hal yang mudah," katanya.

Menurut Basaria, penyidik tentunyaakan segera meningkatkan status penanganan perkara jika telah menemukan bukti pemulaan yang cukup untuk menetapkan tersangka.

"Penyidik saya yakin juga kalau mereka bisa cepat, masak mereka lama-lama sih. Kita maunya cepat dan tepat, jangan cepat tapi salah," ujarnya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
19-09-2018 18:06