Main Menu

Asia Sentinel Minta Maaf, Tarik Artikel Tentang SBY

Bernadetta Febriana
20-09-2018 00:25

Halaman website Asia Sentinel (PS-Dok.GATRA/jh)

Jakarta, Gatra.com - Asia Sentinel menyatakan menarik artikelnya tentang peran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kasus Bank Century. Selain itu, pihak Asian Sentinel juga menyampaikan permintaan maaf kepada SBY dan juga Partai Demokrat.

 
Pernyataan itu disampaikan di halaman depan webiste Asia Sentinel, Rabu (19/9) malam, dengan judul Apology to President Yudhoyono and The Democrat Party of Indonesia. 

 
Pada paragraf pertama, pihak Asia Sentinel menyatakan menarik artikel yang dirilis pada 10 September lalu yang berisi mengenai kasus Bank Century dan keterlibatan pemerintahan SBY pada kasus tersebut. 

 
Di dalam artikel yang ditulis oleh pemimpin redaksi Asia Sentinel, John Berthlesen, Asia Sentinel menyatakan secara tidak adil menyampaikan beberapa tuduhan terakit dengan kasus Bank Century. 

 
“Kami mengakui bahwa kami tidak berusaha mencari komentar yang seimbang dari nama-nama yang ada di artikel tersebut, sehingga dengan demikian artikel tersebut hanya berasal dari satu sisi dan menyalahi etika jurnalistik,” kata pernyataan tersebut.

 
Headline yang dibuat pun, lanjut pernyataan tersebut, “sangat tidak adil dan melukai mantan Presiden SBY”.

 
Asia Sentinel menyatakan telah menghapus artikel tersebut dari website dan meminta maaf kepada SBY, Partai Demokrat dan pihak-pihak yang telah dirugikan dengan terbitnya artikel tersebut. “Kami sangat menyesal atas penilaian yang kelewatan, yang jauh dari keadilan, yang diakibatkan artikel tersebut.

 
Terakhir, Asia Sentinel menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Susilo Bambang Yudhoyono yang telah melayani negara dan bangsa Indonesia dengan luar biasa dan dihormati sebagai negarawan Asia. 


Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
20-09-2018 00:25