Main Menu

Dirdik, Direktur Monitor, dan Kabiro Perencanaan Keuangan KPK Dilantik Hari Ini

Iwan Sutiawan
20-09-2018 07:14

Direktur Penyidikan KPK Brigjen Pol Aris Budiman (Antara/Rivan Awal Lingga/RT)

 

Jakarta, Gatra.com - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengatakan hari ini akan dilantik Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK pengganti Brigjen Pol Aris Budiman pada Kamis (20/9).

Selain itu, lanjut Febri, juga akan dilantik dua pejabat struktural lainnya yakni Direktur Monitor dan Kepala Biro Perencanaan Keuangan KPK. "Jadi ada tiga posisi yang akan dilantik ini merupakan hasil proses seleksi sebelumnya."

Namun Febri tidak bersedia menyampaikan nama-nama yang akan dilantik. Menurutnya, nama-nama tersebut akan disampaikan pada acara pelantikan pada pagi ini. "Namanya siapa, saya kira akan lebih tepat untuk diketahui pada saat proses pelantikan," katanya.

Menurutnya, Dirdik pengganti Aris Budiman tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan selama 2 kali. Untuk seleksi pertama, kandidatnya di antaranya bersal dari internal KPK dan juga Polri.

"Untuk seleksi pertama ini tidak ada yang terpilih meskipun sudah sampai pada tahap wawancara pimpinan," ujar Febri.

Sedangkan untuk seleksi yang kedua, lanjut Febri, ada calon yang dari kepolisian, internal KPK, dan Kejaksaan yang semuanya saat itu sampai pada tahap wawancara pimpinan KPK.

"Yang terakhir sekitar 5 orang sehingga dan sudah dipilih oleh pimpinan salah satu dari calon tersebut sebagai Direktur Penyidikan baru, tapi tentu secara hukum baru mulai akan efektif setelah pelantikan," ujarnya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
20-09-2018 07:14